Advertisement

Buka Gelaran Festival UMKM 2023, Pj Wali Kota Jogja Dorong UMKM Naik Kelas

Yosef Leon
Rabu, 30 Agustus 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Buka Gelaran Festival UMKM 2023, Pj Wali Kota Jogja Dorong UMKM Naik Kelas Penjabat Wali Kota Jogja saat membuka penyelenggaraan Festival UMKM 2023 di kompleks Balai Kota setempat, Rabu (30/8/2033). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

JOGJA—Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo membuka penyelenggaraan Festival UMKM Jogja di halaman kompleks Balai Kota setempat, Rabu (30/8/2023). Agenda yang menampilkan produk UMKM dari 14 kemantren se-Kota Jogja itu diharapkan menjadi momentum bagi pelaku usaha naik kelas. 

Singgih menyatakan potensi UMKM di Kota Jogja sangat besar untuk bisa naik kelas. Dengan ditopang melalui sektor pariwisata, ceruk pasar yang menanti sangat luas dan cukup beragam.

Advertisement

Apalagi acara-acara kunjungan kerja dari pemerintahan kerap menjadikan Jogja sebagai salah satu tujuan utama. Oleh-oleh yang dibawa tentu harus dari UMKM setempat. "Makanya ke depan kami akan dorong agar mereka yang kunjungan kerja itu dibawa ke sentra untuk melihat langsung produk dan oleh-oleh khas Jogja," kata Singgih. 

Menurut Singgih, perkembangan pemasaran online sekarang juga tumbuh cukup pesat. Oleh karena itu, dia mendorong agar eksistensi produk UMKM di Jogja tidak hanya hadir saat penyelenggaraan pameran dan festival, tetapi juga menyentuh sektor pemasaran online yang sekarang terbuka lebar dan sangat potensial. 

"Bila perlu ada pelatihan bagaimana agar unggahan produk saat dipasarkan secara online itu lebih menarik karena tentu harus ada kemampuan, itu nanti akan kita dorong agar diberikan pelatihan," ujarnya. 

Kepala Bidang UKM Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM kota Jogja Emy Indaryati menerangkan, Festival UMKM 2023 diselenggarakan dengan tujuan menampilkan produk-produk terbaik dari pelaku usaha Kota Jogja.

BACA JUGA: Produk UMKM dari 14 Kemantren di Jogja Dipamerkan di Balai Kota

Total ada sebanyak 14 kemantren yang tergabung dalam Forum Komunikasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Forkom UMKM) yang berpartisipasi. "Produknya beragam mulai dari kuliner, kerajinan, fesyen, kriya dan lain sebagainya. Ini untuk semakin mengenalkan produk unggulan dari UMKM ke masyarakat," jelas Emy. 

Di halaman luar kompleks Balai Kota Jogja UMKM yang tergabung dalam Forkom UMKM menampilkan produk unggulannya. Sementara, di ruangan Grha Pandawa kompleks Balai Kota Jogja ditampilkan sebanyak 90 produk unggulan kuliner yang tergabung dalam aplikasi Nglarisi perwakilan dari dua UMKM setiap kelurahan. 

"Sudah banyak program yang kami selenggarakan untuk memfasilitasi UMKM agar naik kelas mulai dari pelatihan manajemen usaha, peningkatan layanan ke konsumen, promosi dan lain sebagainya. Rencana tindak lanjut ke depan yakni soal peningkatan kualitas dan legalitas produk kuliner dengan kurasi produk dan legalitas produk."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelundupan 142 Gram Sabu Asal Malaysia Berhasil Digagalkan

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement