Advertisement

Biar Untung Besar, Warga Pesisir Gunungkidul Diajari Cara Membuat Pakan Ikan Mandiri

David Kurniawan
Senin, 04 September 2023 - 19:57 WIB
Maya Herawati
Biar Untung Besar, Warga Pesisir Gunungkidul Diajari Cara Membuat Pakan Ikan Mandiri Kegiatan foto bersama dalam acara pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Tawar di Segoro Giri Cafe and Resto di Kalurahan Girijati, Purwosari, Senin (4/9/2023). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Gandung Pardiman Center (GPC) menggelar pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Tawar di Segoro Giri Cafe and Resto di Kalurahan Girijati, Kapanewon Purwosari, Gunungkidul, Senin (4/9/2023). Diharapkan pelatihan ini bisa menumbuhkan ekonomi baru untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Peneliti BRIN, Tri Djoko Suwarno mengatakan, budi daya perikanan air tawar memiliki prospek bisnis yang baik sehingga dapat dikembangkan di masyarakat. Meski demikian, untuk pengembangan harus memperhatikan beberapa hal agar pelaksanaan dapat berhasil.

Advertisement

Ia mengungkapkan ada konsep 5T yang harus diperhatikan. Yakni, tepat mutu, tepat waktu, tepat tempat, tepat cara dan tepat jumlah. Strategi ini dinilai akan menjadi kunci dalam proses budi daya.

“Banyak ikan yang bisa dibudi daya seperti lele, nila, gurami hingga patin,” katanya di sela-sela pelatihan, Senin siang.

Djoko memberikan kiat khusus agar budi daya ikan air tawar berhasil. Salah satunya dengan membuat pakan mandiri dengan memanfaatkan ketersediaan bahan lokal.

“Kalau beli terus, maka operasional akan membengkak. Ini bisa diantsipasi dengan memanfaatkan pakan lokal di sekitaran rumah,” katanya.

Menurut dia, bahan baku pakan ini banyak tersedia di rumah mulai dari sisa sayur-sayuran, makanan dan lain sebagainya. Selain itu, untuk pemenuhan nutrisi bisa dilakukan dengan mengembangkan budi daya magot.

“Ya kalau bisa bikin sendiri maka ongkosnya lebih murah,” katanya.

BACA JUGA: Pengoperasian Teknologi Pengolahan Sampah di DIY Diperkirakan Akhir Tahun

Ketua GPC Syarief Guska Laksana mengatakan ada sekitar 200 peserta dalam pembuatan pakan ikan air tawar. Peserta merupakan perwakilan dari masrakat pesisir mulai dari Kapanewon Purwosari, Panggang, Saptosari, Tanjungsari dan Paliyan.

Diharapkan pelatihan ini bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat sehingga memotivasi untuk mengembangkan budi daya ikan tawar. “Mudah-mudahan bermanfaat dan mampu menumbuhkan semangat usaha ekonomi baru. Kalau berhasil, tentunya kesejahteraan masyarakat juga ikut terangkat,” katanya.

Anggota DPRD Gunungkidul, Ery Agustin S mengatakan, budi daya ikan tawar menjadi peluang yang bisa dikembangkan oleh masyarakat. Adanya pelatihan dari BRIN bisa menjadi modal penting dalam budi daya.

“Ini sebuah peluang karena untuk lahan tidak ada masalah dan ada cara-cara mudah dalam budi daya lewat pelatihan pembuatan pakan ikan yang bahannya berasal dari sekitaran rumah,” katanya.

Menurut dia, dengan memanfaatkan pakan lokal maka keuntungan dalam budi daya ikan akan semakin besar. Hal ini dikarenakan biaya operasional pemeliharaan bisa ditekan.

  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement