Advertisement

30 Pembuang Sampah Sembarangan di Jogja Divonis Denda Rp400.000

Triyo Handoko
Rabu, 06 September 2023 - 18:37 WIB
Ujang Hasanudin
30 Pembuang Sampah Sembarangan di Jogja Divonis Denda Rp400.000 Suasana sidang tipiring kasus pembuangan sampah sembarangan di Kota Jogja dimana terdakwa didendaRp400.000, Rabu (6/9/2023). - Istimewa. Dok Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sidang tindak pidana ringan (tipiring) dalam kasus pembuangan sampah sembarangan memutuskan sebanyak 31 orang terdakwa bersalah, Rabu (6/9/2023). Sebanyak 31 orang ini diputuskan untuk membayar denda sebanyak Rp400.000

Sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jogja dengan hakim tunggal Moch. Arif Satiyo Widodo membuktikan 31 orang ini melanggar Perda No.10/2012 tentang Pengelolaan Sampah. Terdakwa sebanyak 31 orang ini terbukti membuang sampah tidak pada tempatnya sesuai dakwaan Satpol PP Jogja.

Advertisement

“Dengan ini menyatakan, terdakwa terbukti telah melakukan tindak pidana membuang sampah tidak pada tempatnya. Oleh karena itu dengan pidana denda masing masing sebesar empat ratus ribu rupiah. Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama tiga hari. Dan dibebankan biaya perkara masing-masing seribu rupiah,” jelas Arif.

Arif menegaskan pidana yang dijatuhkan pengadilan lebih menitikberatkan sebagai upaya pembinaan. “Sidang ini bisa jadi referensi bagi publik supaya tidak meniru melakukan pembuangan sampah tidak pada tempatnya dan kepada terdakwa agar tidak mengulangi perbuatannya,” ucapnya.

BACA JUGA: 31 Orang Diproses Hukum karena Buang Sampah Sembarangan di Jogja, Kebanyakan di Kusumanegara

Kepala Satpol PP Jogja Octo Noor Arafat menjelaskan denda tersebut diharapkan jadi efek jera. “Supaya perilaku buang sampah sembarangan tidak diulangi lagi,” tegasnya.

Selain pelaku pembuangan sampah, jelas Octo, terdapat satu terdakwa yang melakukan pembakaran sampah tidak sesuai peraturan. “Jadi 30 orang buang sampah sembarangan, satu orang bakar sampah sembarangan,” ungkapnya.

Octo berkomitmen akan terus mengadakan operasi penindakan pembuang sampah sembarangan, terutama yang dibuang di pinggir jalan. “Operassi dan giat akan terus kami gencarakn, kami himbau dari sekarang untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi jika tidak diperhatikan resikonya tipiring,” paparnya.

Pemkot Jogja, jelas Octo, sudah membuka depo sampah secara keseluruhan dengan jam oprasional yang sudah lebih panjang. “Sehingga tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut Bus Pengangkut Rombongan SMK Depok di Subang Diduga Rem Blong

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement