Advertisement

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi di Kulonprogo, Dewan Dukung Kemudahan Investasi

Newswire
Sabtu, 09 September 2023 - 10:17 WIB
Ujang Hasanudin
Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi di Kulonprogo, Dewan Dukung Kemudahan Investasi Tugu tulisan Kulonprogo the Jewel of Java - ilustrasi - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulonprogo mendukung kemudahan investasi di wilayah setempat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan masuknya investasi.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kulonprogo, Suharto mengatakan seiring beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) banyak perubahan dan peluang, khususnya investasi. Saat ini, sudah ada beberapa hotel di Kulonprogo yang beroperasi dan juga berproses pendirian.

Advertisement

"Kami mendukung langkah Pemkab Kulonprogo memberikan kemudahan investasi dan insentif kepada calon investor yang berinvestasi di Kulonprogo," kata Suharto dalam acara diskusi Kulonprogo Ramah Investasi di DPRD Kulonprogo, Jumat (8/9/2023)

Ia mengatakan sebentar lagi, Kulonprogo akan dilalui jalan bebas hambatan Kulonprogo-Solo yang membawa dampak investasi besar. Selama ini, investasi di Kulonprogo sangat minim dibandingkan dengan kabupaten/kota di DIY.

"Komisi I DPRD Kulonprogo berharap investasi yang masuk menjadikan Kulonprogo setara dengan kabupaten/kota di DIY," katanya.

Menurut dia, hal itu perlu didukung oleh DPTR untuk tata ruang untuk memberikan kepastian bagi investor yang masuk untuk berinvestasi.

"Daerah lain sudah memiliki tata ruang yang dikhususkan untuk investasi. Kita tidak mau ketinggalan dengan daerah lain, seiring adanya megaproyek di Kulonprogo," katanya.

BACA JUGA: Apa Kabar Proyek Pelebaran Jalan Jogoyudan Wates? Begini Penjelasan Pemkab Kulonprogo

Suharto mengatakan megaproyek di Kulonprogo mulai dari Bandara Internasional Yogyakarta, jalur kereta api bandara, JJLS dan jalan bebas hambatan.

"Untuk mendukung investasi, DPRD Kulonprogo sedang membentuk Pansus Non-Raperda tentang Percepatan Sertifikasi Tanah untuk fasilitas umum dan fasilitas sosial," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulonprogo Heriyanto mengatakan selama dua tahun terakhir, DPMPTSP Kulonprogo membenahi dua aspek yang sangat krusial dalam mewujudkan "Kulonprogo ramah investasi".

Pondasi utama untuk mewujudkan ramah investasi, yakni membangun ekosistem investasi di Kulonprogo. Ekosistem ini yang harus dibangun dan dibenahi dengan membangun pola pikir dan cara pandang masyarakat. Kemudian, membangun pola dan kebijakan daerah.

"Kedua hal tersebut harus dibangun untuk mewujudkan Kulonprogo ramah lingkungan, sehingga dapat mengejar ketertinggalan masuknya investasi dari kabupaten/kota di DIY. Persoalan tersebut yang kami benahi supaya investor masuk Kulonprogo menanamkan investasinya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenko Perekonomian: Ada Plafon Rp107 Miliar untuk Beli Alsintan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement