Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen: 91 Tanah Desa dan 8 Sultan Ground Peroleh Palilah dari Kraton

Catur Dwi Janati
Jum'at, 22 September 2023 - 22:07 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen: 91 Tanah Desa dan 8 Sultan Ground Peroleh Palilah dari Kraton Pembangunan konstruksi tiang pancang tol Jogja Bawen. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Puluhan tanah desa dan sejumlah tanah sultan ground yang masuk trase pembangunan tol Jogja-Bawen Paket 1 Junction Sleman-Banyurejo telah mengantongi palilah. 
"Palilahnya sudah dikeluarkan semua dari kasultanan. Ada 91 bidang tanah desa, terus delapan bidang sultan ground," terang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Jogja-Bawen, Muhammad Mustanir pada Jumat (22/9/2023).
Adapun palilah yang diterbitkan berisi tentang diperbolehkannya aktivitas konstruksi di atas tanah-tanah tersebut. "Itu saja, konstruksi JJB bisa masuk, jadi tidak menghambat terkait dengan target konstruksinya," jelasnya. 
Pada tanah desa dan sultan ground yang lahannya kosong, bisa langsung digunakan. Namun apabila ada fungsi lain di atasnya, misalnya bangunan, hal ini lah yang tengah didiskusikan. Terkait mekanisme penggantian bangunan atau tegakan di atas tanah-tanah tersebut. "Ya ini yang kemudian baru proses didiskusikan atau pembahasan," katanya. 
Saat ini sedang disusun Legal Opinion (LO) yang dapat digunakan sebagai rujukan untuk melakukan penggantian tegakan atau bangunan yang ada di atas tanah desa maupun sultan ground.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement