Advertisement

Viral Sampah Menumpuk di Kotabaru, Sultan Jogja: Iki Pancen Digawe atau Masyarakat Enggan ke Depo?

Yosef Leon
Rabu, 11 Oktober 2023 - 08:57 WIB
Sunartono
Viral Sampah Menumpuk di Kotabaru, Sultan Jogja: Iki Pancen Digawe atau Masyarakat Enggan ke Depo? Sri Sultan HB X / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan komentar terkait viralnya sampah yang menumpuk di kawasan heritage Kotabaru, Gondokusuman, Kota Jogja. Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu mengingatkan pemerintah kabupaten/kota untuk terus mengoptimalkan pengelolaan sampah di wilayahnya masing-masing lewat program desentralisasi sampah.

Sultan mengingatkan agar insiden serupa tidak lagi terjadi ke depannya. Jangan sampai tumpukan sampah dibiarkan sampai menggunung di depo dan tidak terangkut ke tempat yang semestinya.

Advertisement

BACA JUGA : DLH Kota Jogja: Hari Ini Tak Ada Lagi Sisa Tumpukan Sampah di Kotabaru

Sultan juga mewanti-wanti bahwa semua aktivitas Kabupaten/Kota dalam pengelolaan sampah terus dipantau secara serius menyusul adanya program desentralisasi sampah mulai 2024 mendatang. 

"Sekarang warga masyarakat kesadarannya bagaimana? Pancen digawe [memang sengaja dibikin menumpuk] atau memang masyarakat yang malas bawa ke depo atau disuruh meninggalkan di pinggir jalan? Kami kan memonitor terus perkembangan sampah ini. Kita tau lah apa yang sebenarnya terjadi di kota," kata Sultan kepada wartawan, Selasa (10/10/2023).

Fenomena tumpukan sampah di jalanan dan depo sampah di Kota Jogja itu muncul kembali setelah sebelumnya sempat beres. Upaya pembersihan sudah dilakukan oleh jajaran petugas terkait sejak Senin sampai dengan Selasa ini. Diperkirakan tumpukan sampah yang menggunung itu mencapai 60 ton dan butuh waktu untuk membersihkannya. 

BACA JUGA : Forpi Jogja Tuding Sampah Viral Kotabaru karena WJNC

Pada Senin lalu Pemda DIY bersama Pemkot Jogja sudah melakukan pertemuan guna membahas persoalan penanganan sampah di wilayahnya. Fenomena sampah di Kotabaru turut menjadi bahan diskusi. Pemerintah Kabupaten/Kota pun diminta untuk cepat melakukan penanggulangan sampah agar tidak terjadi penumpukan dan masalah baru lagi ke depannya. 

"Sewaktu koordinasi kemarin, kami mencoba melihat yang Kotabaru juga. Saya minta dan ingatkan untuk kebersihan itu bisa diangkut," kata Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement