Advertisement

Sejumlah Proyek Nasional Dikerjakan di Solo, Menteri PUPR Tepis Anak Emaskan Solo

Catur Dwi Janati
Rabu, 25 Oktober 2023 - 20:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sejumlah Proyek Nasional Dikerjakan di Solo, Menteri PUPR Tepis Anak Emaskan Solo Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ditemui di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono tak menampik bila ada beberapa proyek nasional yang digarap di Kota Surakarta atau Solo. Namun dirinya menepis kalau Solo dianakemaskan.

"Ada beberapa [proyek nasional], enggak kalau dianak emaskan enggak. Banyak [proyek] di mana-mana semua," tegas Basuki pada Rabu (25/10/2023).

Advertisement

Basuki lantas menyebut beragam proyek nasional yang disebar di berbagai wilayah di tanah air. Contohnya proyek tujuh bendungan di NTT, ada juga proyek kawasan kota, lalu sejumlah proyek di Bali.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Seksi 2 di Atas Ring Road Ditarget Oktober, Land Clearing Dikebut

Soal revitalisasi pasar di Solo, Basuki menjelaskan jika proyek pembangunan pasar memang dilakukan di mana-mana. Tidak hanya di Solo. Meski tak hafal secara pasti tapi ada puluhan pasar yang dibangun di Indonesia.

"Ada berapa puluh pasar di Indonesia ini. Jadi kayak pasar di Lampung, di Padang ada dua, di Maluku, di Klaten, di Jogja. Kalau pasar memang program APBN. Pasar Batu itu lebih bagus daripada Pasar Legi. Trenggalek lebih bagus, malah jadi model untuk dipakai dimana-mana," ujarnya.

Baca Juga: Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Tersambung Sepenuhnya 2026

Dia menegaskan proyek nasional yang digelontorkan dari pusat ke daerah, memiliki landasan. "Ada [landasan], semua," ungkapnya.

Proyek Rel Layang Simpang Joglo misalnya. Basuki berkata proyek itu dilakukan pemerintah pusat di Solo lantaran untuk mengatasi kemacetan di sana. Simpang Joglo lanjut Basuki menjadi kawasan yang macet. Mengingat di sana juga arah ke lokasi Masjid Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

"[Proyek Rel Layang Simpang Joglo] dari pusat, karena itu macet kan, daerah-daerah macet, yang mau dari masjid itu, dari masjid MBZ itu kan macet di situ," ungkapnya.

Baca Juga: Tol Solo-Jogja Dibangun di Ring Road, Arus Kendaraan Berat Bisa Dialihkan

Hanya jika ada beberapa program yang memang dikerjakan di Solo kata Basuki, itu karena memang programnya di situ, karena dibutuhkan.

"Kalau ada beberapa program di situ ya memang pas ada di situ. Tapi tidak ada namanya karena prioritas. Ya memang kebutuhan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement