Advertisement

Pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Seksi 2 di Atas Ring Road Ditarget Oktober, Land Clearing Dikebut

Catur Dwi Janati
Sabtu, 23 September 2023 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Seksi 2 di Atas Ring Road Ditarget Oktober, Land Clearing Dikebut Truk melintas di area pembangunan tol Jogja-Solo seksi 2 paket 2.2B Trihanggo-Junction Sleman, Rabu (2/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Chief Supervisor PT Adhi Karya pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja Seksi 2 Paket 2.2, Dicky Aryanto Kusumo menerangkan saat ini lahan yang bisa dikerjakan untuk pembangunan jalan tol mencapai 400 meter.

Dari total panjang ruas tol Trihanggo-Junction Sleman 3,2 kilometer, baru sekitar 400 meter saja yang bisa dikerjakan. "Iya 400 meter [yang bisa dikerjakan]," teranganya pada Kamis (21/9/2023).

Advertisement

Kendati demikian Dicky mengestimasi pada Oktober nanti panjang lahan yang bisa digarap akan bertambah. Bocorannya, tambahan lahan yang bisa dikerjakan ini ada daerah Tlogoadi.

"Nanti bulan Oktober mudah-mudahan nambah di Kalurahan Tlogoadi. Itu paling cuma 200 meter," lanjutnya.

Secara umum, lahan terdampak pembangunan tol Solo-Jogja Paket 2.2 di kawasan Tirtoadi hingga Trihanggo telah banyak dibebaskan. Namun beberapa lahan bebas masih dalam proses clearing.

BACA JUGA: Sekda DIY: Dokumen IPL Tol Jogja-YIA di Kulonprogo Ditargetkan Rampung Bulan Ini

Selain itu, terkadang letak lahan yang sudah bebas masih terpencar atau masih diapit lahan-lahan yang belum bebas. Lahan-lahan tersebut belum membentuk area blok yang dapat dikerjakan konstruksinya.

Sebelumnya Humas PT Adhi Karya Pembangunan Tol Solo-Jogja Paket 2.2, Agung Murhandjanto menerangkan sejumlah lahan tol Solo-Jogja Paket 2.2B ada yang siap digunakan dan ada juga yang siap untuk dikerjakan.

Secara umum total luas pembebasan lahan untuk pembangunan tol Solo-Jogja Seksi 2 Paket 2.2B mencapai 398.978 meter persegi atau lebih dari 39 hektare.

Sampai saat ini, jumlah lahan yang sudah dibebaskan pada proyek tol Solo-Jogja Seksi telah mencapai 55,65% yakni 222.043 meter persegi atau sekitar 22 hektare. Dari jumlah tersebut, 9,51% lahan bisa digunakan. Luasan lahan yang bisa digunakan mencapai 37.947 meter persegi atau sekitar 3,7 hektare.

Dengan catatan lahan yang digunakan ini terdiri dari area yang sedang dan selesai clearing, lahan kosong serta lahan bekas sawah.

Di sisi lain, total lahan yang kini bisa dikerjakan untuk pembangunan tol Solo-Jogja Paket 2.2 baru sepanjang 400 meter dari total panjang tol yang mencapai 3,2 kilometer. Ia menegaskan tidak semua lahan yang telah siap digunakan bisa dikerjakan.

"Yang bisa dikerjakan itu yang sudah clear and clean sudah dibayar tanah dan bangunannya, orangnya sudah pindah dan sudah bongkar," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kini Sertifikat dan Notifikasi Imunisasi Dapat Diakses secara Digital

News
| Senin, 20 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement