Advertisement

Wah! Angkringan di Jogja Akan Distandarkan

Triyo Handoko
Senin, 30 Oktober 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Wah! Angkringan di Jogja Akan Distandarkan Ilustrasi angkringan. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja akan melakukan standardisasi angkringan di wilayah Kota Jogja. Hal ini dilakukan untuk menjamin mutu dan keamanan makanan yang disajikan di angkringan.

Selain itu, standardisasi itu dilakukan agar angkringan yang jadi salah satu ikon pariwisata Jogja dapat makin dinikmati wisatawan.

Advertisement

Standardisasi angkringan di Kota Jogja tersebut diagendakan dalam program Enak dan Cetha (Echo). Program Echo yang di jalankan Pemkot Jogja sudah memiliki 10 angkringan percontohan yang teruji mutu dan keamanan sajian makannya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jogja, Aman Yuriadijaya menjelaskan sudah menyiapkan formulir untuk memulai program tersebut. Formulir itu adalah terkait dengan skor keamanan pangan (SKP) yang diimbangi dengan pengujian mikroba dalam sajian angkringan.

Pengujian mikroba ini menggunakan metode analisis kuantitatif bahan pangan melalui total plate count. “Upaya ini untuk memperkuat branding kuliner angkringan Jogja yang juga ikon wisata, supaya wisatawan juga yakin dengan mutu dan keamanan sajian makanannya,” terang Aman, Senin (30/10/2023).

BACA JUGA: FK-KMK Membuka Angkringan Sehat "Angkringan 8888", Ini Tujuannya

Aman menjelaskan program tersebut juga untuk menguatkan UMKM di bidang kuliner khususnya PKL di Kota Jogja yang menjajakan angkringan. “Kalau wisatawan sudah yakin maka kami yakin omzet pedagang akan meningkat, kalau meningkat maka kesejahteraan akan mudah terwujud,” ungkapnya.

Dalam pengujian yang dilakukan Pemkot Jogja ke berbagai angkringan di wilayahnya, jelas Aman, ditemukan angkringan yang masuk kategori rawan dalam keamanan sajiannya. Jumlah kerawanan angkringan dalam keamanan pangannya juga cukup tinggi sebesar 42,9%. “Kami harap dengan program ini dan dukungan pengujian keamanan pangan maka para pedagang angkringan dapat meningkatkan mutu dan kualitas sajiannya,” tuturnya.

Salam pengujian nanti, sambung Aman, selain mendapatkan hasil mutu dan keamanan sajian para pedagang angkringan juga akan mendapat rekomendasi. “Rekomendasi ini perlu ditindaklanjuti supaya mutunya dapat lebih meningkat, mungkin bisa rekomendasinya menggunakan bahan makanan tertentu adat lainnya secara teknis,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement