Advertisement

Harga Kedelai Mahal, Ukuran Tahu dan Tempe di Gunungkidul Mengecil

David Kurniawan
Kamis, 09 November 2023 - 19:17 WIB
Ujang Hasanudin
Harga Kedelai Mahal, Ukuran Tahu dan Tempe di Gunungkidul Mengecil Salah seorang perajin tempe di Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari sedang membungkusi tempe. Foto diambil 29 Mei 2023. - Harian Jogja / David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Perajin tahu dan tempe di Gunungkidul mengeluh naiknya harga kedelai di pasar. Dampak dari kenaikan ini, perajin memilih untuk mengecilkan ukuran tahu dan tempe.

Salah seorang perajin tempe di Paudukuhan Seneng, Siraman, Aris Wijarnaka mengatakan, ongkos biaya produksi tempe meningkat. Hal ini tak lepas adanya kenaik harga kedelai untuk bahan baku.

Advertisement

Pada saat sekarang, sambung dia, kedelai impor untuk bahan baku dipatok sebesar Rp12.700 per kilogram. Kenaikan sudah terjadi sekitar tiga bulan lalu hingga sekarang.

“Dulu [tiga bulan lalu] harganya masih kisaran Rp10.300-Rp10.500 per kilogram. Tapi sekarang terus naik,” kata Aris kepada wartawan, Kamis (9/11/2023).

Menurut dia, naiknya harga kedelai sangat memberikan pengaruh terhadap produksi. Aris mengakui tidak menaikan harga jual karena akan berpengaruh terhadap permintaan di pasaran.

Guna menyiasati kenaikan dilakukan dengan mengurangi ukuran sehingga bentuknya lebih tipis dan pendek. Biasanya satu lonjor bisa dipotong menjadi Sembilan bagian, tapi sejak kenaikan kedelai hanya menjadi delapan bagian.

“Untuk harga jual tetap Rp9.000 per lonjornya. Permintaan mengecilkan ukuran merupakan saran dari pedagang, sebab kalau menaikan harga jual malah nantinya tidak laku,” kata Aris.

BACA JUGA: Mengenal Agus Tempe, Pria Jogja yang Ingin Menularkan Keahlian Bikin Tempe kepada Semua Orang

ia berharap kepada Pemerintah bisa turun untuk menyetabilkan harga kedelai di pasaran. Langkah ini agar tidak ada yang dirugikan sehingga kondisi di pasaran bisa Kembali normal.

“Kalau harga bisa stabil, maka tidak akan menimbulkan gejolak,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Bendahara Paguyuban Perajin Tahu Sumber Sari Mulyo di Kalurahan Kepek, Wonosari, Sakiyo mengatakan, kenaikan harga kedelai berpengaruh terhadap ongkos produksi tahu. Akibat kenaikan ini sudah ada perajin yang memperkecil ukuran tahu.

Di sisi lain, perajin di Kepek juga tidak berani menaikan karena penentuan harga jual berdasarkan kesepakatan di paguyuban. “Harapannya bisa Kembali normal sehingga ongkos produksi Kembali seperti biasa. Kalau sekarang serba susah karena ongkos produksinya naik untuk membeli kedelai,” katanya.

Sakiyo mengatakan, harga jual masih sama. Yakni, tahu putih sebesar Rp45.000 per papan, tahu magel Rp52.000 per papan dan tahu pong dijual Rp60.000 per papan. “Untuk perkembangan harga masih menunggu pertemuan paguyuban,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, Soal El Nino Ini Kata BMKG

News
| Sabtu, 27 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement