Advertisement

HUT ke-78 Brimob, Kapolda Ingatkan Peran Menjaga Keamanan di Pemilu 2024

Yosef Leon
Kamis, 16 November 2023 - 13:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
HUT ke-78 Brimob, Kapolda Ingatkan Peran Menjaga Keamanan di Pemilu 2024 Suasana peringatan HUT ke 78 Brimob oleh Polda DIY di Mako Satbrimobda Polda DIY pada Kamis (16/11/2023) (Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Brimob di Mako Satbrimobda Polda DIY, Kamis (16/11/2023) diawali dengan menggelar upacara dan atraksi penampilan para personel dalam melaksanakan pengamanan di masyarakat. Di usia yang tergolong matang, kehadiran Brimob diharapkan terus memberikan pengamanan dan keamanan. 

Pada acara puncaknya, peringatan HUT Brimob oleh Polda DIY digelar dengan penampilan tari kolaborasi antara seniman dan personel Satbrimob Polda DIY. Selain itu juga ada atraksi unjuk kebolehan para personel dalam menguasai bela diri tarung derajat. Yang tak kalah menarik juga simulasi menjinakkan bom oleh tim Jihandak Gegana. 

Advertisement

Baca Juga: Brimob Polda DIY Bantu Warga Terdampak Covid-19

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyebutkan seluruh peragaan yang ditampilkan oleh para personel di dalam perayaan hari jadinya itu menunjukkan harapan di usianya yang ke-78. Selain kekuatan fisik Brimob juga dituntut mempunyai keahlian dan ketangkasan dalam pelayanan kepada masyarakat luas. 

"Kami juga adalah satu kesatuan yang terus bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban demi kelancaran pembangunan," katanya. 

Kapolda menyebutkan memasuki tahapan kampanye personel Brimob juga mendapat tantangan untuk senantiasa bersinergi berbagai pihak mewujudkan kelancaran setiap proses dalam penyelenggaraan Pemilu mendatang. Semua aparat kepolisian tak terkecuali diajak untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi konflik.

Baca Juga: Anggotanya Lakukan Serangan, Dansat Brimob: Tetap Salah Anggota Saya

"Satgas khusus buat Pemilu memang ada lewat Operasi Mantap Brata, tapi tidak menutup bahwa seluruh personel kepolisian di DIY juga ikut serta mengamankan jalannya Pemilu 2024," jelasnya. 

Irjen Suwondo juga menekankan agar potensi berita bohong atau hoaks bisa menjadi salah satu perhatian khusus dari personel kepolisian. Sebab, ancaman berita bohong disinyalir akan kembali meningkat memasuki masa kampanye mendatang. Untuk itu akan ada unit khusus yang ditugaskan mengawal informasi yang beredar luas selama Pemilu berlangsung. 

Baca Juga: Nekat Datangi Markas Brimob Polda DIY dengan Mengaku Polisi Berpangkat Irjen, Seorang Pria Ditangkap

"Karena kalau hoaks itu terus menerus dikeluarkan pasti akan dianggap kebenaran, kasihan masyarakat. Kemudian dari literasinya, sesuatu yang tidak benar pasti akan menghasilkan keputusan yang juga tidak benar. Bila informasi hoaks itu meningkat ekskalasinya pasti melahirkan pemahaman dan aktivitas kriminal korbannya pasti dari masyarakat," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Setop Suplai Senjata ke Israel Setelah Rafah Dibombardir

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement