Advertisement

Teras Malioboro 2 Direlokasi, Gedung Mulai Dibangun Tahun Depan, Ini Lokasinya

Yosef Leon
Jum'at, 17 November 2023 - 14:27 WIB
Maya Herawati
Teras Malioboro 2 Direlokasi, Gedung Mulai Dibangun Tahun Depan, Ini Lokasinya Teras Malioboro 2 segera direlokasi pada 2024. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY berencana mulai membangun gedung permanen untuk menampung relokasi pedagang dari Teras Malioboro 2 pada tahun depan. Sekarang tahapan pembangunan tempat baru itu tengah masuk ke pengerjaan Rancang Bangun Rinci atau Detail Engineering Design (DED).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan sesuai dengan target rencana pembangunan lokasi untuk menampung pedagang dari Teras Malioboro 2 ditargetkan bisa dimulai pada awal tahun depan. Lokasi yang sekarang digunakan pedagang nantinya akan dipakai buat membangun JPG.  "Rencana pembangunan tahun depan awal harapannya begitu, semoga bisa lancar," katanya, Jumat (17/11).

Advertisement

Adapun lokasi yang nantinya dipakai buat menampung pedagang Teras Malioboro 2 ada di belakang Ramayana Ketandan dan di sebelah Teras Malioboro 1 dengan luas total mencapai 5.000 m². Rinciannya lahan di kawasan Teras Malioboro 1 sekitar 2.000 m² dan sisanya 3.000 m² berada di kawasan Ketandan.

BACA JUGA: DBD di Gunungkidul Diklaim Terkendali, Dinkes: Tidak Perlu Nyamuk Wolbachia

"Untuk pembebasan lahan saya lupa nominalnya. Itu kan dimulai dari 2022 kemudian lanjut lagi tahun ini. Kalau yang di Ketandan mungkin sekitar Rp40 miliar-Rp50 miliar," ujarnya.

Setelah proses DED rampung yang ditargetkan pada tahun ini, pengerjaan fisik diharapkan bisa dimulai pada awal tahun depan. Pihaknya menargetkan proses pengerjaan tersebut bisa diselesaikan dalam kurun waktu satu tahun, sehingga pada 2025 mendatang pedagang sudah bisa menempati lokasi baru.

"Tahun depan kita mulai bangun dengan durasi setahun juga. Itu kan banyak persiapan mulai dari persiapan lahan, pembenahan dan sebagainya sehingga 2025 harapan kita sudah bisa ditempati karena di sana sekarang kan mau dibangun JPG," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement