Advertisement

Pemkab Kulonprogo Lanjutkan Cetak Sawah Baru 2024, Segini Luasannya

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 26 November 2023 - 16:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkab Kulonprogo Lanjutkan Cetak Sawah Baru 2024, Segini Luasannya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo akan melanjutkan program cetak sawah baru tahun 2024. Cetak sawah baru penting untuk mendongkrak produksi beras di Kulonprogo. Pasalnya banyak sawah yang telah beralih fungsi menjadi bangunan.

Ketua Tim Kerja Sarana dan Pengembangan Usaha Bidang Sarana dan Pengembangan Usaha Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo, Kirmi mengatakan tahun depan DPP akan membuka 25 hektar untuk sawah. Hanya saja dia belum tahu lokasi persis cetak sawah tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Dewan Pengupahan Kulonprogo Usulkan Kenaikan UMK 2024 7,67% Menjadi Rp2,2 Juta

“Insyaallah tahun 2024 ada lagi cetak sawah baru seluas 25 hektar. Tapi kami belum tahu karena masih proses identifikasi dan survei potensi,” kata Kirmi dihubungi, Minggu (26/11/2023).

Kirmi menambahkan cetak sawah baru tersebut setidaknya membutuhkan Rp17,5 juta per hektar. Dengan begitu tahun depan DPP memerlukan Rp437,5 juta dari APBD.

Selain itu progres cetak sawah baru tahun 2023 telah mencapai 100%. Lahan yang ada telah siap untuk ditanami padi. Namun kelompok tani (KT), kata Kirmi masih menunggu musim hujan.

Cetak sawah baru tahun ini dimulai bulan Juli 2023. Target cetak sawah baru di Kulonprogo sampai akhir tahun 2023 mencapai 350 hektar menggunakan APBD sebesar Rp525 juta. Anggaran tersebut disalurkan ke sembilan KT antara lain KT Bina Mandiri, KT Kedungsogo, KT RAS, dan KT Subur di Kapanewon Pengasih. KT Menoreh Subur dan KT Akrab di Kapanewon Samigaluh.

Tiga KT lain yaitu KT Ngudi Makmur di Kalibawang, KT Harapan Makmur di Sentolo, dan KT Sedyo Maju di Lendah. Dari kesembilan KT tersebut sudah ada 35 hektar sawah yang dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement