Advertisement

Berkat Aplikasi Aksi Mesra, Administrasi Menikah di Bantul Kini Mudah, Cepat dan Gratis

Lugas Subarkah
Rabu, 29 November 2023 - 16:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Berkat Aplikasi Aksi Mesra, Administrasi Menikah di Bantul Kini Mudah, Cepat dan Gratis Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul menghadirkan aplikasi Aksi Mesra. Melalui aplikasi ini, calon pengantin tidak perlu lagi dipusingkan masalah administratif.

Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho, menuturkan melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) merupakan kewajiban pemerintah, maka sudah sepatutnya apabila pemerintah daerah terus berbenah dan mengoptimalkan pelayanan adminduk.

Advertisement

Pembenahan bertujuan agar problem layanan yang selama ini dialami masyarakat dapat diselesaikan dengan mudah, cepat, dan tanpa biaya. “Aksi Mesra adalah terobosan yang diluncurkan oleh Disdukcapil Bantul untuk memudahkan calon pengantin dalam mengurus adminduk yang berhubungan dengan pernikahan,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga:

Nikah Dini akibat Hamil Luar Nikah di Kulonprogo Marak, Tingkat Pendidikan Orang Tua Biangnya

Usai Menikah, Mempelai di Gunungkidul Langsung Peroleh Status Identitas Baru

Larangan Nikah Beda Agama Dinilai Tidak Kompatibel dengan Kebinekaan dan Negara Pancasila

Lewat Aksi Mesra atau yang bisa dijabarkan dengan Calon Pengantin Sadar Administrasi Kependudukan, calon pengantin tidak perlu bolak-balik mengurus administrasi yang terkesan rumit. “Jadi ketika mereka melakukan akad nikah, pemberkatan, maupun upacara sakral pernikahan di tiap-tiap rumah ibadah, administrasi mereka sudah lengkap, komplit,” ungkapnya.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan pemuka agama yang melayani pernikahan. “Sebagaimana pemerintah wajib melayani masyarakat, begitu pula para pemuka agama yang memiliki kewajiban melayani umat. Harapannya, dengan integrasi ini, sakralnya upacara pernikahan di Kabupaten Bantul berjalan selaras tanpa bayang-bayang kerumitan administrasi kependudukan,” katanya.

Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo, menuturkan salah satu pelayanan Pemkab Bantul adalah pelayanan bagi calon-calon pengantin yang akan menikah. Maka dengan hadirnya aplikasi ini, ia mengapresiasi Disdukcapil Bantul yang bisa memudahkan para calon pengantin. 

“Disdukcapil Bantul serius memikirkan hal ini sehingga calon pengantin ini bisa fokus pada sakralnya pernikahan tanpa pusing memikirkan administrasi kependudukan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement