Advertisement

Sukses Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkot Sabet Penghargaan Kemenkes

Triyo Handoko
Kamis, 30 November 2023 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sukses Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkot Sabet Penghargaan Kemenkes Pejabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo (tengah) dan Kepala Dinkes Emma Rahmi Aryani saat menerima penghargaan dari Kemenkes, Selasa (29/11 - 2023) (Dok Pemkot Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam tajuk Swasti Saba Padapa 2023. Penghargaan itu diterima Pemkot Jogja karena berhasil meningkatkan layanan kesehatan di wilayahnya.

Pejabat Walikota Jogja SInggih Raharjo menerima langsung penghargaan yang disampaikan secara langsung dari Menteri Kesehatan Budi Gunawan di Jakarta pada Selasa (29/11/2023) lalu. Singgih menilai penghargaan yang diterimanya itu sebagai bukti suksesnya Pemkot Jogja mengimplementasikan program Kabupaten Kota Sehat (KKS) yang digagas Kemenkes.

Advertisement

Baca Juga: Pemkab Sleman Kembali Raih Swasti Saba

"Artinya Pemkot Jogja berhasil mengimplementasikan program kota sehat, tujuannya menjadikan sebuah kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan tempat bekerja bagi masyarakat," ucapnya.

Program KKS ini, jelas Singgih, merupakan apresiasi Pemerintah Pusat kepada pemda yang menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Mendagri dan Menkes RI. "KKS merupakan bagian penting dalam pembangunan daerah, yang tujuan utamanya mendorong masyarakat agar aktif dan peduli terhadap lingkungan hidupnya," ujarnya.

Baca Juga: Selamat! Bantul Dapat Penghargaan UHC Award

Singgih menjelaskan dalam penilaian penghargaan itu ada sembilan indikator yang dinilai meliputi kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, pasar, perkantoran dan perindustrian, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas, perlindungan sosial, serta penanggulangan bencana. “Kedepan tentu akan lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jogja Emma Raha Aryani yang turut mendampingi Singgih dalam penghargaan itu menjelaskan peningkatan mutu dan layanan keselamatan di semua fasilitas kesehatan akan terus ditingkatkan. “Semua fasilitas kesehatan di Jogja, yang terdiri dari 18 puskesmas dan dua rumah sakit sudah memiliki sertifikat akreditasi paripurna, kedepan akan kami tingkatkan lagi,” terangnya.

Baca Juga: Posyandu Kunci 02 Golo Sabet Penghargaan Kategori Inovasi Terbaik Nasional

Emma menerangkan peningkatan tersebut kedepan akan lebih menyasar Posyandu di tiap wilayah. “"Ini merupakan hal yang menjadi bagian dari upaya untuk mendukung transformasi layanan kesehatan, termasuk posyandu yang ke depan di semua wilayah dapat makin dikembangkan, utamanya dalam percepatan penurunan stunting,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tahun Ini Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis Bakal Ada Lagi, Kementerian ESDM: Anggaran Sudah Ada

News
| Kamis, 29 Februari 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement