Advertisement

Kontraktor Tol Jogja-Solo Mulai Bangun Box Culvert untuk Lalu Lintas di Bawah Tol

Catur Dwi Janati
Kamis, 30 November 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Kontraktor Tol Jogja-Solo Mulai Bangun Box Culvert untuk Lalu Lintas di Bawah Tol Pengecoran box culvert yang merupakan bagian penggarapan proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman. - Istimewa/PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengerjaan proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 kini mulai merambah pada pembangunan box culvert. Boks ini berfungsi untuk jalan warga di bawah jalan tol.

Humas PT. Adhi Karya Pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto mengatakan pihak kontraktor kini mulai melakukan pengecoran box culvert.

Advertisement

Sesuai namanya box culvert merupakan beton berbentuk persegi dengan rongga besar di tengahnya. Boks ini dapat digunakan sebagai drainase maupun struktur underpass untuk lalu-lintas kendaraan. "Kami mengecor box culvert itu," jelas Agung, Kamis (30/11/2023).

Sementara yang mulai dibuat pada proyek tol Jogja-Solo Seksi 2 ini diungkapkan Agung peruntukannya untuk lewat warga maupun kendaraan nantinya. "Itu boks yang untuk [jalur] pedestrian kalau untuk dilewati," jelasnya.

Penggarapan box culvert tersebut saat ini mulai digulirkan di Simping, Tirtoadi. Daerah tersebut merupakan area perbatasan antara proyek tol Jogja-Solo dengan tol Jogja-Bawen. "Baru satu tadi pengecoran," tandasnya.

BACA JUGA: Pengaspalan Tol Jogja-Solo di Ring Road Rampung, Kontraktor: Bisa Dilewati Pekan Ini

"Boks itu untuk menyeberang orang kalau di bawah tolnya itu, untuk perlintasan itu," ujar dia. 

Di sisi lain pemadatan tanah bakal jalan tol Jogja-Solo di area Simping juga masih terus berlangsung. Pemadatan ini dilakukan secara masif di lokasi tersebut.

Cakupan lahan yang dipadatkan kini terus meluas. Sebelumnya pemadatan dilakukan di area satu hektare, kini luasannya bertambah. "Lebih luas  [area pemadatan]," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jerman Bantah Netanyahu yang Menyebut Tak Ada Korban Sipil di Rafah

News
| Sabtu, 27 Juli 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement