Advertisement

HUT Ke-24 DWP Kota Jogja, Kuatkan Peran Perempuan dalam Proses Pembangunan Berkelanjutan

Media Digital
Jum'at, 15 Desember 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
HUT Ke-24 DWP Kota Jogja, Kuatkan Peran Perempuan dalam Proses Pembangunan Berkelanjutan Prosesi pemotongan tumpeng dalam puncak acara HUT ke-24 DWP Kota Jogja di Ruang Bima Balai Kota Jogja, Jumat (15/12/2023). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Jogja menggelar puncak acara HUT ke-24 di Ruang Bima Balai Kota, Jumat (15/12/2023). Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan anggota DWP Kota Jogja ini dimeriahkan oleh pemotongan tumpeng, penampilan line dance, hingga kuis dan gim.

Ketua Panitia HUT DWP Kota Jogja, Turtiyati Kadri Renggono menjelaskan rangkaian acara diawali dengan gelaran donor darah yang diikuti oleh anggota DWP hingga ASN di lingkup Pemkot Jogja. Ada juga senam massal, bazar, hingga bakti sosial.

Advertisement

Menurutnya, gelaran-gelaran ini tak hanya menjadi perayaan semata. "Diharapkan juga dapat menjadi momentum untuk mendukung program pemerintah dalam penguatan ekonomi bagi anggota DWP dan masyarakat," kata Turtiyati, Jumat.

Ketua DWP Kota Jogja, Dian Wijaningrum Aman Yuriadijaya menuturkan kali ini pihaknya mengusung tema Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan.

Anggota DWP yang seluruhnya perempuan ini punya andil untuk mewujudkan pembangunan yang strategis. Salah satunya lewat pendidikan. Menurutnya, perempuan menjadi aktor utama pendidikan di dalam keluarga.

"Ini seperti tulisan Ibu Kartini kepada temannya. Dalam tangan anaklah terletak masa depan, dan dalam tangan Ibulah tergenggam anak yang merupakan masa depan tersebut,” katanya.

Pada peringatan HUT ke-24 DWP Kota Jogja ini, Dian mengajak para perempuan untuk selalu bersemangat. DWP juga diharapkan menjadi rumah bagi semua.

Sekaligus menjadi pilar penting dalam menguatkan peranan perempuan di Indonesia. Ke depan, organisasi ini diharapkan terus menjadi ruang yang aman bagi seluruh anggota.

Antaranggota juga didorong untuk saling mendukung satu sama lain, sehingga potensi masing-masing anggota dapat berkembang secara optimal. "Sebagai pilar pembangunan ibu-ibu pengurus, dan anggota DWP merupakan kekuatan yang luar biasa besar dalam membangun keluarga, masyarakat, dan bangsa," ungkapnya.

BACA JUGA: Bantu PMI Jaga Stok Darah, Dharma Wanita Persatuan Jogja Gelar Donor Darah

Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan DWP punya peran penting dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Selanjutnya, ketahanan keluarga inilah yang akan menjadi pondasi pembangunan yang berkelanjutan. "Artinya, tidak penting bagi kita bicara pembangunan sebelum pondasi utama kita mampu diwujudkan. Dan pondasi itu letaknya pada ketahanan keluarga," ungkapnya.

Ke depan, dia berharap DWP tak bekerja sendiri. Ini lantaran anggotanya perlu informasi, pengetahuan, serta pengalaman dalam menciptakan ketahanan keluarga. Untuk itu diperlukan adanya kemitraan, kolaborasi, serta interaksi dengan para pemangku kepentingan yang lain. "Ujungnya adalah memperkuat ketahanan keluarga," kata Aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement