Advertisement

IMM DIY Serukan Pemilu Damai Tanpa Polarisasi

Yosef Leon
Kamis, 21 Desember 2023 - 11:07 WIB
Sunartono
IMM DIY Serukan Pemilu Damai Tanpa Polarisasi Suasana deklarasi Pemilu damai yang digelar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau IMM DIY di kawasan Tugu Pal Putih Jogja. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seruan pemilu damai dan tanpa polarisasi terus digaungkan oleh sejumlah elemen masyarakat. Salah satunya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DIY melalui aksi damai di kawasan Tugu Pal Putih Jogja, Rabu (20/12/2023) sore.  

Ketua Umum IMM DIY Muhammad Akmal Ahsan mengatakan, gelaran Pemilu 2024 yang semakin dekat sudah sepatutnya dibersamai dengan menciptakan rasa aman, tertib, damai, penuh integritas, tanpa hoaks dan politisasi SARA.

Advertisement

"Pemilu 2024 hingga hari ini masih menyisakan banyak tantangan dan hambatan yang berpotensi meluruhkan subtansi dari demokrasi itu sendiri," katanya. 

BACA JUGA : MLH Muhammadiyah dan Komunitas Jogja Obah Bersihkan Sungai Winongo

Tantangan tersebut, kata dia menyangkut penggunaan sentimen SARA dalam praktik politik nasional, maraknya hoaks yang secara langsung berakibat pada perusakan dan pembunuhan karakter lawan politik, mencipta fragmentasi sosial dan menista kesadaran rakyat.

Akmal meminta agar segala bentuk kampanye negatif dihentikan. Ia menyebut istilah miring yang menyebutkan lawan politik hendaknya disetop lantaran berpotensi menyebabkan konflik. Selain itu juga menciptakan suasana yang buruk bagi keutuhan sebuah bangsa yang besar seperti Indonesia.

"Yang dikedepankan justru adalah politik gagasan, politik intelektual menuju demokrasi yang substansial tidak sekedar prosedural formal," katanya.

Dalam kesempatan itu IMM DIY juga mendeklarasikan pernyataan sikapnya terhadap Pemilu 2024 yang berisi lima poin yakni melawan segala bentuk penggunaan politisasi SARA dalam politik dan mendorong terciptanya politik yang berkeadaban.

BACA JUGA : Farmasi UAD Terjunkan Tim PPKO IMM untuk Cegah Stunting dan Galakkan Eco Green di Kulonprogo

Melawan penggunaan hoaks dalam Pemilu serta mendorong terciptanya Pemilu yang rasional; menolak segala bentuk tindakan provokatif, politik pecah belah dan kampanye hitam, kekerasan dan praktik pembunuhan karakter.

Mengajak masyarakat untuk terlibat dalam suksesi Pemilu yang bermartabat, penuh integritas, jujur, adil aman dan demokratis dengan tetap mengindahkan perundang-undangan yang berlaku dan mendorong para kontestan Pemilu untuk terlibat dalam menciptakan politik yang luhur dan adiluhung dengan tetap mengepankan politik yang santun serta berkeadaban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

DPRD Sleman Studi Tiru Ke Denpasar Bali

DPRD Sleman Studi Tiru Ke Denpasar Bali

Jogjapolitan | 11 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Balas Serangan Roket Hamas yang Tewaskan 3 Tentara, Israel Bombardir Rafah

News
| Senin, 06 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement