Advertisement

Berkah Perayaan Tahun Baru, Pedagang Kecil Raup Cuan Lebih Banyak

Catur Dwi Janati
Senin, 01 Januari 2024 - 07:27 WIB
Ujang Hasanudin
Berkah Perayaan Tahun Baru, Pedagang Kecil Raup Cuan Lebih Banyak Suasana perayaan tahun baru di Lapangan Denggung, Sleman pada Senin (1/1/2024). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Momen perayaan tahun baru menjadi ladang cuan bukan hanya bagi pedagang kembang api, namun para pedagang kecil yang menjajakan kuliner. Hanya dalam semalam, para pedagang bisa meraih omzet berkali-kali lipat di momen perayaan tahun baru.   

Salah satu pedagang yang dapat berkah perayaan tahun baru adalah Sri Samiasih. Sri yang menjajakan jajanan sempolan itu nampak sibuk bolak-balik menggoreng adonannya. Gerobaknya pun nampak ramai dikelilingi para pengunjung yang ingin menikmati pesta kembang api di Lapangan Denggung. 

Advertisement

"Ya alhamdulilah lumayan, meningkat," kata Sri pada Senin (1/1/2024) di momen pergantian tahun baru. 

Untuk menggambarkan peningkatannya, Sri yang sehari-hari membawa sekitar 400 tusuk sempolan, di momen tahun baru ini ia bawa adonan dua kali lipat. Saking ramainya pengunjung Lapangan Denggung, bertusuk-tusuk sempolan yang ia bawa nyaris ludes diborong para pembeli. 

"Kurang tahu [ini sudah laku berapa] ya, 700-800 habis ini. Biasanya paling 400," ungkapnya. 

BACA JUGA: Dua Lokasi Ini Jadi Magnet Perayaan Malam Tahun Baru, Polisi Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Dengan harga yang relatif miring, yakni Rp1000 per tusuk, setidaknya Sri bisa membawa pulang uang Rp700.000 - Rp800.000 dalam kurun waktu kurang dari semalam. Jumlah yang cukup menggembirakan bagi pedagang gerobakan seperti Sri. 

Pedagang kuliner lain yang ikut merasakan tuah perayaan tahun baru adalah Waluyo. Pedagang bakso tusuk dengan kendaraan motor ini biasanya berjualan di luar Lapangan Denggung. Sehari-hari, Waluyo paling membawa dua kilogram adonan bakso untuk dijajakan. Namun pada momen tahun baru ini, tiga kilogram adonan bakso yang ia bawa hampir tak bersisa dibeli pengunjung. 

"Tadi bikin tiga kilo tapi masih tinggal dikit. Biasanya habis dua kilo, ini ada kenaikan," ujarnya. 

Omzet dalam perayaan tahun baru cukup lumayan bagi Waluyo. Apalagi dagangannya bisa habis lebih banyak dengan waktu yang lebih cepat. " Ya lumayan, alhamdulillah," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement