Advertisement

GKR Mangkubumi Resmikan Pendopo dan Ruang Gamelan di Condongcatur

Catur Dwi Janati
Kamis, 04 Januari 2024 - 06:57 WIB
Sunartono
GKR Mangkubumi Resmikan Pendopo dan Ruang Gamelan di Condongcatur Suasana peresmian pendopo dan ruang gamelan Kalurahan Condongcatur oleh GKR Mangkubumi pada Rabu (3/1/2024). - Istimewa/Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kalurahan Condongcatur, Depok, Sleman kini memiliki pendopo dan ruang gamelan yang diresmikan langsung oleh Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Datu Dana Suyasa Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat GKR Mangkubumi. Dua fasilitas ini diharapkan jadi sarana warga untuk melakukan kegiatan pengembangan seni maupun budaya. 

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji mengungkapkan pendopo tersebut diberi nama Pendopo Kromoredjan. Nama ini terinspirasi dari Lurah pertama Condongcatur, Kromoredjan. 

Advertisement

BACA JUGA : Soal Video Ade Armando Senggol Keistimewaan DIY, GKR Hemas: Pasti Itu Pesanan, Tapi Yo Gak Popo

"Nama pendopo ini diambil dari Lurah pertama Condongcatur pada tahun 1946. Ada dua bangunan yang diresmikan yaitu pendopo dan ruang gamelan," kata Reno pada Rabu (3/1/2024). 

Pembangunan pendopo dan ruang gamelan menghabiskan biaya kurang lebih Rp2 miliar yang berasal dari dana SILPA dan Pendapatan Asli Kalurahan (PAK). Pendopo ini lanjut Reno nantinya akan diperuntukkan bagi berbagai aktivitas seperti seni budaya, UMKM dan kegiatan lainnya untuk masyarakat. 

Secara simbolis peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh GKR Mangkubumi yang turut didampingi Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. Menurut Danang, peresmian pendopo dan ruang gamelan ini diharapkan dapat meningkatkan pelestarian budaya di Kalurahan Condongcatur. 

Harapan tersebut imbuh Danang senada dengan komitmen Pemkab Sleman yakni pengembangan Kalurahan berbasis budaya. Sampai saat ini Sleman telah memiliki 19 Kalurahan yang ditetapkan melalui SK Gubernur sebagai desa budaya dan ada lima kalurahan yang sudah ditetapkan menjadi desa mandiri budaya.

"Semoga dengan keberadaan pendopo dan ruang gamelan ini semakin memeriahkan pentas kesenian dan atraksi budaya. Serta menjadi motivasi bagi pamong dan masyarakat dalam upaya pelestarian budaya di Kalurahan Condongcatur," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement