Advertisement

4 Bidang Ini Jadi Fokus CSR Perusahaan di Kota Jogja

Alfi Annisa Karin
Kamis, 11 Januari 2024 - 21:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
4 Bidang Ini Jadi Fokus CSR Perusahaan di Kota Jogja Kabid Perekonomian Bappeda Kota Jogja Agustin Wijayanti dan Pimpinan Bank BPD DIY Cabang Senopati Suroso saat memberikan keterangan di Balai Kota Jogja, Kamis (11/1) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Sebagai implementasi program CSR, perusahaan atau korporasi menyisihkan sebagian keuntungan untuk turut serta mendukung pembangunan yang ada di Kota Jogja. Sejauh ini telah ada 56 perusahaan di lingkup Kota Jogja yang tergabung dalam Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TLSP).

Kabid Perekonomian Bappeda Kota Jogja Agustin Wijayanti menuturkan hingga Desember 2023 setidaknya telah terkumpul dana CSR atau TLSP sebesar Rp5,1 miliar. Dana ini lantas dialokasikan pada empat fokus bidang. Terbesar, digunakan untuk bidang penanggulangan kemiskinan yang di dalamnya juga ada upaya penanganan stunting sebesar 55,14%. Lalu, ada juga bidang pendidikan dan olahraga kaitannya dengan perbaikan sarpras sebesar 33,06%.

Advertisement

"Ketiga ada di bidang pariwisata dalam bentuk support event sebesar 2,07 persen dan bidang lingkungan hidup termasuk pengelolaan sampah sebesar 9,30 persen," katanya saat jumpa pers di Balai Kota Jogja, Kamis (11/1/2024).

Baca Juga

Kenangan Brands Paparkan Capaian CSR Sepanjang Tahun 2023 melalui Kenangan Baik

BPD DIY Salurkan CSR untuk Program Gandeng Gendong Kota Jogja

SKK Migas-KKKS Sumbagut Ajak Pengelolaan CSR Berskema Program Pengembangan Masyarakat

Bappeda selanjutnya akan menggelar musrenbang. Ini dilakukan untuk mewujudkan sinergi antara pembangunan Kota Jogja dengan upaya CSR yang dilakukan oleh korporasi pada tahun 2023-2035.

"Mengajak untuk partisipasi korporasi di Kota Jogja," imbuhnya.

Pimpinan Bank BPD DIY Cabang Senopati Suroso menuturkan anggaran yang masuk masih akan terus bertambah. Mengingat masih ada perusahaan yang belum melakukan pendataan. Suroso yang juga sebagai Ketua Forum TLSP ini mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Bappeda Kota Jogja. Terkait dengan arah atau alokasi dana CSR.

"Bappeda yang memiliki permasalahan-permasalahan apa yang memang perlu dilakukan akselerasi supaya bisa tertangani," katanya.

Dia menambahkan khusus BPD DIY Senopati telah menyalurkan dana CSR sebesar Rp610 juta. Fokusnya pada pengembangan program Gandeng-Gendong di Kota Jogja. Dia berharap, keberadaan Forum TLSP ini bisa menjadi wadah koordinasi antara korporasi dengan Pemkot Jogja soal alokasi dana CSR.

"Kalau semuanya bisa aktif akan bisa membantu perkembangan Kota Jogja," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement