Advertisement

Pemkab Bantul Fokus Kelola Sampah Melalui Beberapa TPST dan TPS3R

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 25 Januari 2024 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Pemkab Bantul Fokus Kelola Sampah Melalui Beberapa TPST dan TPS3R Sampah / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul menargetkan pengelolaan sampah pada beberapa TPST dan Tempat Pengolahan Sampah Sistem Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Ari Budi Nugroho, menyampaikan tahun ini Pemkab Bantul akan membangun TPST Bawuran, Dingkikan, Modalan, dan ITF Niten. Ia menyampaikan TPST Dingkikan saat ini telah memasuki tahap tender. Diperkirakan pada Februari 2024 pemenang tender akan ditetapkan. Pembangunan TPST tersebut dialokasikan dengan APBD Bantul mencapai Rp20 miliar.

Advertisement

Ia menyampaikan saat ini TPST Modalan masih sekitar 20%. Proses pekerjaan konstruksi TPST Modalan mulai dilakukan pada akhir Desember 2023, dan pekerjaan konstruksi dilakukan selama delapan bulan. TPST Modalan diperkirsakan mulai beroperasi pada November 2024.

Ia menuturkan TPST Modalan akan mengolah sampah organik dan anorganik, kemudian sampah organik akan diolah dengan metode komposting, dan budi daya maggot. Sementara sampah anorganik akan dijual ke pelapak, dan sampah residu akan dimusnahkan dengan incenerator.

BACA JUGA: Keputusan TPA Piyungan Jadi Ruang Terbuka Hijau Belum Final

Ada pula ITF Niten yang mulai beroperasi pada Januari 2024. Di tempat itu, sampah organik akan diolah menjadi kompos dengan kapasitas sekitar lima ton per hari. “ITF Pasar Niten akan mengolah sampah dengan pemilahan organik atau anorganik, memilah sampah laku jual, pencacahan sampah organik, dan komposting sampah organik dengan rotary kiln,” katanya.

Menurut Ari, instansinya akan mengoptimalkan pengolahan sampah melalui 29 TPS3R. Dia menyampaikan saat ini masih ada beberapa TPS3R yang belum beroperasi maksimal. Selain itu ada pula bank sampah yang terbentuk di setiap padukuhan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Turki Pukul Israel dengan Embargo Hubungan Perdagangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement