Advertisement

TIM UAD Adakan Pelatihan Komunikasi Efektif pada Majelis Kesehatan Pimpinan Aisyiah Cabang Blimbing Sukoharjo

Mediani Dyah Natalia
Jum'at, 26 Januari 2024 - 10:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
TIM UAD Adakan Pelatihan Komunikasi Efektif pada Majelis Kesehatan Pimpinan Aisyiah Cabang Blimbing Sukoharjo Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Ahmad Dahlan memberikan pelatihan kepada petugas puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat. Istimewa

Advertisement

JOGJA—Kader kesehatan merupakan perpanjangan tangan petugas puskesmas atau Dinas Kesehatan. Mereka bertugas menjembatani komunikasi antara petugas kesehatan dengan masyarakat. Oleh karena itu kader kesehatan harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan informasi berbagai masalah kesehatan.

Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Ahmad Dahlan yang diketuai Dr. Sunarti M.Si bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Aisiyah Blimbing melalui majelis kesehatannya dan Pimpinan Daerah Sukoharjo melaksanakan kegiatan pelatihan komunikasi efektif pada kader Kesehatan Majelis Kesehatan Aisyiah di wilayah Sukoharjo. Kegiatan dilaksanakan pada 19 Januari 2024 di Gedung Islamic Center Muhammadiyyah Blimbing, WonorejoPolokarto, Sukoharjo. Kegiatan diikuti oleh ketua dan anggota majelis kesehatan yang mewakili 33 ranting ranting PCA Blimbing dan perwakilan dari majelis Kesehatan di cabang lain.

Advertisement

Sebagaimana diketahui Polokarto merupakan salah satu kecamatan di Sukoharjo dengan beberapa desa yang masih menjadi lokus stunting. Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat member kontribusi dalam menyuarakan upaya pencegahan stunting di kecamatan Polokarto. Kegiatan dilaksanakan dengan pemberian materi komunikasi efektif oleh dr. Nurul Qomariah,M.Med. dan dilanjutkan dengan praktik komunikasi efektif denganmetode Role Play.Peserta pelatihan juga dilatih melakukan konseling dan penyuluhan sebagai upaya peningkatan kompetensi kader kesehatan khususnya kader Kesehatan Aisyiah.

Disampaikan perwakilan PDA Sukoharjo Maya Maria Hartanti S.Pd, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan kader dalam konseling maupun penyuluhan kesehatan. Perwakilan tiap ranting ini diharapkan dapat menularkan kemampuan yang didapat kepada anggota majelis kesehatan dan masyarakat di sekitarnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement