Advertisement

Yashinta Dorong Pemanfaatan Limbah untuk Menciptakan Nilai Tambah Ekonomi

Yosef Leon
Kamis, 01 Februari 2024 - 15:37 WIB
Ujang Hasanudin
Yashinta Dorong Pemanfaatan Limbah untuk Menciptakan Nilai Tambah Ekonomi RA Yashinta Sekarwangi Mega, Calon DPD RI memberikan pelatihan pemanfaatan limbah minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi di Bale Rakyat Yashinta . - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Calon DPD RI RA Yashinta Sekarwangi Mega menggelar kampanye dengan mengajak para perempuan dan ibu-ibu untuk memanfaatan limbah sebagai sumber daya ekonomi yang bernilai tambah. 

Kaum puan dilatih untuk memanfaatan limbah minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi di Bale Rakyat Yashinta. Pelatihan tersebut rutin dilaksanakan setiap akhir pekan di posko pemenangannya.

Advertisement

Dalam pelatihan itu, peserta diarahkan untuk terampil dalam mengubah limbah menjadi produk bernilai ekonomi sekaligus membangkitkan potensi usaha mikro dan rumah tangga.

Yashinta mengatasi, daur ulang limbah menjadi penting sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan sambil menciptakan peluang ekonomi di tingkat mikro. 

"Pemanfaatan limbah adalah langkah konkret menuju pembangunan berkelanjutan. Dengan melibatkan masyarakat dalam mengolah limbah, kita tidak hanya mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan," katanya, Kamis (1/2/2024). 

BACA JUGA: Daftar sebagai Calon Anggota DPD RI asal DIY, Yashinta akan Banyak Belajar dengan Para Seniornya

Yashinta mengatakan, pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis tetapi juga memberikan contoh nyata melalui transformasi minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi. Yashinta berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan memotivasi masyarakat untuk melihat limbah sebagai potensi yang dapat diubah menjadi peluang bisnis.

"Saya yakin bahwa dengan memberdayakan masyarakat dalam pemanfaatan limbah, kita dapat menciptakan lahirnya usaha mikro dan rumah tangga yang berkelanjutan," jelasnya. 

Pelatihan ini menjadi bagian dari program "50 Kraket" yang diinisiasi oleh Yashinta sebagai contoh nyata dari komitmennya dalam memberdayakan ekonomi mikro jika terpilih menjadi anggota DPD RI. 

Kampanye ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama memandang limbah sebagai peluang, bukan hanya sebagai masalah. Dengan demikian, dapat tercipta sebuah ekosistem ekonomi yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement