Advertisement

Muncul Gelombang Kritik Kampus di Jogja ke Jokowi, Sultan: Enggak Apa-apa, Itu Demokrasi

Sunartono
Jum'at, 02 Februari 2024 - 16:57 WIB
Sunartono
Muncul Gelombang Kritik Kampus di Jogja ke Jokowi, Sultan: Enggak Apa-apa, Itu Demokrasi Sri Sultan HB X - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan tanggapan singkat terkait gelombang kritik dari sejumlah elite kampus di Jogja terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sultan HB X tak mempermasalahkan adanya kampus di Jogja yang secara terang-terangan menyatakan kritik terhadap pemerintahan Preside Jokowi. Hal itu menjadi ranah setiap kampus tersebut.

Advertisement

"Ya enggak papa itu urusan akademisi, jangan tanya saya," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Jumat (2/2/2024).

BACA JUGA : Kritik Sikap Jokowi, UII: Indonesia Darurat Kenegarawanan

Kritik merupakan bagian dari demokrasi. Selain itu kampus memiliki hak otonomi masing-masing dan berhak menyampaikan pendapatnya. "Itu kan otonom [kalau mengkritik] ya terserah saja, aspirasi demokratisasi, enggak apa-apa," katanya.

Pemerintah tentu harus merespons berbagai kritik tersebut secara terbuka. "Sekarang tinggal bagaimana pemerintah menanggapi, terbuka saja, tidak usah takut," ucapnya.

Sebelumnya UGM dan UII secara terang-terangan menyampaikan prihatin dengan kondisi bangsa saat ini. Para akademisi dan guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) menyampaikan Petisi Bulaksumur, Rabu (31/1/2023). Mereka mengungkapkan keprihatinan sekaligus kekecewaan terhadap manuver politik yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam petisi ini menyoroti penyimpangan demokrasi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang merupakan lulusan UGM tersebut.

BACA JUGA : Ribuan Orang Ikuti Kampanye Terbuka Prabowo-Gibran di Sleman

Sehari setelahnya, UII yang digawangi langsung oleh Rektornya turut menyatakan sikap yang sama. Rektor UII Profesor Fathul Wahid mengatakan saat ini Presiden Joko Widodo menyatakan ketidaknetralan institusi kepresidenan dengan membolehkan Presiden berkampanye dan berpihak.

Perkembangan termutakhir, distribusi bantuan sosial melalui pembagian beras dan bantuan langsung tunai (BLT) oleh Presiden Joko Widodo juga ditengarai sarat dengan nuansa politik praktis yang diarahkan pada personalisasi penguatan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement