Advertisement

Ratusan Seniman Budayawan Hadiri Haul Ke-99 Saptohoedojo di Makam Giri Sapto

Media Digital
Selasa, 06 Februari 2024 - 16:52 WIB
Budi Cahyana
Ratusan Seniman Budayawan Hadiri Haul Ke-99 Saptohoedojo di Makam Giri Sapto Ratusan seniman budayawan berkumpul di Makam Giri Sapto mengikuti haul ke-99 mastro seni rupa almarhum Saptohoedojo, Selasa (6/2/2024). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Ratusan seniman budayawan berkumpul di Makam Giri Sapto mengikuti haul ke-99 mastro seni rupa almarhum Saptohoedojo.

Mereka terdiri atas ahli waris seniman yang dimakamkan di Makam Giri Sapto. Ahli waris seniman tersebut antara lain: putra-putri anak dan cucu almarhum Saptohoedojo dari istri Katika Affandi dan Yani, Kusbini, L. Manik, Edi Sunarso, Djoko Pekik, Handung Kussudyarsana, GM Sudarta, Ki Ledjar Subroto, Hasmi, Kirdjomulyo, Bondan Nusantara, dan Iman Budhi Santosa.

Advertisement

Haul diadakan di pelataran Makam Giri Sapto, Selasa (6/2/2024), diisi ziarah seniman dan budayawan, paduan suara, Tembang Suba Sita, New Ilir ilir (Knyut Kubro), Solo Guitar dan Puisi "Penyaksi Sejarah" (kolaborasi Heri Macan, Evi Idawati), orasi budaya Dwi Maryanto, pembacaan doa dan tahli oleh Abdul Muhaimin (PP Nurul Ummahat Kotagede) dan penanaman pohon pocung dan kemenyan.

Penanaman pohon pocung dan kemenyan oleh istri almarhum Saptohoedojo, Yani, didampingi Dwi Maryanto dan HMS Wibawa.

“Pohon kemenyan ini wangi. Semoga bisa mengharumkan mereka yang bersemayam di Makam ini,” ujar Yani Saptohoedojo ketika menanam Pohon Kemeyan.

Haul mulai jam 09.00 WIB. Diiringi gerimis hujan udara sejuk di Bukit Gajah, acara bertema Seni Budaya yang Menyatukan dimulai dengan sambutan Yani Saptohoedojo.

"Giri Sapto adalah lukisan Pak Saptohoedojo di alam. Bagi Pak Sapto, melukis itu bisa di mana saja, tidak harus di kanvas," Yani Saptohoedojo mengawali kalimat dalam sambutannya.

Makam Giri Sapto adalah makam khusus para seniman dan budayawan yang memiliki dedikasi dalam melestarikan seni budaya untuk masyarakat baik local Yogyakarta maupun nasional. Lahan kuburan ini seluas hampir lima hektar, berada di bukit Gajah, Girirejo, Imogiri, tidak jauh dari kompleks makam Raja Mataram. Dalam proses pembangunannya mendapat restu dari Ngersa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan lokasinya mendapat persetujuan KRT Suryapamo Hadiningrat, mantan Bupati Bantul.

Saptohoedojo sengaja membangun kompleks pemakaman ini secara diam-diam dalam rangka memberikan penghargaan terhadap seniman dan budayawan sebagai pahlawan. Meskipun mereka tidak membawa bedil (senjata), tetapi membawa kekuatan budaya, seni, dan slogan-slogan yang memberikan semangat kepada pejuang dalam mempertahankan negara Indonesia dari penjajah.

Menurut Yani, dalam upaya mewujudkan makam Giri Sapto, memang tidak mudah. Mereka berkeliling ke semua kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak ada yang mau. Akhirnya KRT Suryapamo Hadiningrat, mantan Bupati Bantul, mengusulkan tanah di Wukirsari yang kurang produktif untuk digunakan.

Kemudian Saptohoedojo meminta izin sekaligus bertanya kepada Ngarsa Dalem, apakah diperkenankan membuat makam di sebelah barat kompleks makam Raja Mataram? Sri Sultan Hamengkubuwono IX memberikan izin karena baginya tanpa seniman dan budayawan, kerajaan (istana) akan hampa. Kerajaan tidak mungkin dapat dipisahkan dari kesenian maupun kebudayaan.

Pembangunan mulai dilakukan pada tahun 1985 dengan melibatkan seratus pekerja karena lahannya sangat luas. Untuk memantau keberadaan dan pergerakan tukang, kaus mereka diberi angka dari 1 sampai 100.

6 Februari 1988 pembangunan selesai, diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan nama Makam Seniman Pengharum Bangsa, tetapi oleh Saptohoedojo kemudian diganti menjadi Makam Seniman dan Budayawan Giri Sapto.

Pintu masuk makam berbentuk lengkungan menyerupai pelangi, melambangkan tujuh warna (mijikuhibiniu), menciptakan keindahan. Sekaligus menggambarkan bahwa Giri Sapto diperuntukan bagi berbagai seniman yang berprestasi, dikenal masyarakat luas, dan mendapat penghargaan dari pemerintah.

"Pak Sapto berpikir bahwa surga atau langit itu lapis tujuh, pelangi jumlah warnanya tujuh, dan Sapto juga bermakna tujuh, makanya dinamakan Giri Sapto, Makam Seniman dan Budayawan Pengharum Bangsa. Karena para budayawan dan senimanlah yang mengharumkan nama bangsa lewat karya-karya mereka," jelas Yani.

Berbeda dengan situasi makam pada umumnya yang terkesan angker dan wingit, Giri Sapto terasa adem dengan seratus pohon langka (pemberian Dinas Perkebunan Bogor), penataan makam yang estetik-terbagi dalam tujuh lantai.

Setiap lantai ditandai dengan gentong besar bertuliskan aksara Jawa, berisi falsafah hidup orang Jawa, antara lain sura diro jayaningrat lebur dening pangastuti (segala sifat murka atau keras hati hanya bisa dikalahkan oleh kebijaksanaan, kesabaran, dan kelembutan) dan jer basuki mawa beya (mengajarkan manusia untuk senantiasa bekerja keras dalam menggapai apa yang diinginkan).

Hingga kini sudah ada 65 seniman/budayawan yang dimakamkan. Pertama kali yang dimakamkan adalah mendiang Soedarmadji (pimpinan keroncong RRI Semarang) tahun 1990, disusul Kusbini, L. Manik, Handung Kussudyarsana, GM Sudarta, Ki Ledjar Subroto, Hasmi, Kirdjomulyo, Bondan Nusantara, Iman Budhi Santosa, dan lain-lainnya. Belakangan yang dimakamkan adalah Jemek Supardi dan Djoko Pekik.

Yani Saptohoedojo berharap agar Giri Sapto dapat menjadi sarana edukasi bagi generasi muda, baik sebagai tempat berkemah, mengenal budayawan/seniman dan karya-karya mereka, tempat penelitian tumbuh kembang pohon langka, dan sebagainya. Guna menunjang itu, kemungkinan satu atau dua tahun ke depan akan dilakukan renovasi museum yang sudah ada, dan pengelolaannya diserahkan kepada Dinas Kebudayaan DIY. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keamanan Wilayah di Jateng Dinilai Kondusif, Investor Terus Berdatangan

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement