Advertisement

Sebelum Pencoblosan, Petugas KPPS TPS 10 Sidokarto Godean Disumpah

Wisnu Wardana
Rabu, 14 Februari 2024 - 09:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Sebelum Pencoblosan, Petugas KPPS TPS 10 Sidokarto Godean Disumpah Proses Pemungutan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Sidokarto, Godean, Sleman Rabu (14/2/2024). Wisnu Wardhana - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebelum melaksanakan pencoblosan, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Sidokarto, Godean disumpah. KPPS diingatkan untuk melaksanakan proses pencoblosan sesuai perundang-undangan.

Pengawas TPS 10 Sidokarto, Godean, Wisnu Wardhana mengatakan pengambilan sumpah dikakukan oleh Ketua KPPS kepada anggotanya sebelum dilaksanakan pemungutan suara dan disaksikan oleh pengawas TPS dan saksi-saksi. 

Advertisement

BACA JUGA: Sultan Jogja Mencoblos di TPS 12 Kraton: Jangan Golput!

"Surat suara dihitung kemudian dihitung oleh KPPS dihadapan seluruh hadirin. Tercatat ada 283 daftar pemilih tetap atau DPT dan 6 surat suara cadangan atau 2 persen dari DPT. Semua proses awal di TPS berjalan lancar," ujarnya di Balai Dusun Ngawen, Sidokarto.

KPU Sleman tidak ingin peristiwa pemungutan suara ulang (PSU) di Pemilu 2019 terulang lagi di pemilihan kali ini. Oleh karenanya, petugas KPPS diminta benar-benar cermat dalam bertugas, terutama menyangkut pemilih yang menggunakan KTP-el untuk mencoblos.

Ketua KPU Sleman, Ahmad Baehaqi mengatakan, lima tahun lalu, ada empat TPS yang melakukan PSU. TPS ini di antaranya Kalurahan Caturtunggal, Depok; Tamanmartani dan Purwomartani di Kapanewon Kalasan. “Ini harus jadi pelajaran sehingga tidak terjadi lagi di Pemilu 2024,” kata Baehaqi, Selasa (13/2/2024).

Ia menjelaskan, PSU dilakukan karena ada pemilih dari luar daerah difasilitasi memilih menggunakan KTP-el. Sesuai dengan ketentuan, hal ini melanggar karena fasilitasi untuk pemilihan menggunakan KTP-el hanya dilayanai untuk warga sesuai dengan domisili.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sebagian Besar Gen Z Tidak Tertarik dengan Partai Politik

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement