Advertisement

Akseptor Jalani Operasi Metode MOW Lewat Bulan Bakti KB Secara Gratis

Sunartono
Sabtu, 17 Februari 2024 - 05:37 WIB
Sunartono
Akseptor Jalani Operasi Metode MOW Lewat Bulan Bakti KB Secara Gratis Sejumlah tim medis melakukan operasi. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah terus menggencarkan program Keluarga Berencana (KB), salah satunya dengan memfasilitasi metode KB dengan medis operasi wanita atau MOW. Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) turut memfasilitasi akseptor KB untuk menjalani operasi secara gratis.

Sekadar untuk diketahui Tubektomi MOW merupakan metode kontrasepsi bersifat sukarela bagi seorang wanita bila tidak ingin hamil lagi dengan cara mengoklusi tuba falupii (mengikat dan memotong saluran tuba secara permanen).

Advertisement

BACA JUGA : Pemkot Jogja Sasar Pasangan Usia Subur dan Fasilitasi MKJP Gratis

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas P3AP2KB Sleman Soleh Anwari menyatakan Pemkab Sleman berkomitmen untuk memberikan layanan KB kepada masyarakat, salah satunya melalui metode kontrasepsi jangka pnjang MOW yang tergolong aman dan efektif. Program ini bersifat gratis bagi masyarakat karena biaya telah ditanggung oleh pemerintah melalui Dinas P3AP2KB.

"Rumah sakit yang sudah menggelar Baksos KB Gratis ini adalah RSU Mitra Paramedika Sleman. Kami mengapresiasi semua stakeholder yang terlibat dalam upaya pengendalian penduduk melalui program KB, kami berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana dengan baik secara berkelanjutan," katanya Jumat (16/2/2024)

Peran stakeholder sangat penting dalam upaya mendukung program pemerintah terkait pelayanan KB. Selain mengedukasi masyarakat secara langsung, serta melakukan tindakan medis seperti halanya operasi MOW. Pelaksanaan baksos KB gratis dengan metode MOW berlangsung pada Kamis (15/2/2024) hingga Jumat (16/2/2024), sedikitnya 13 akseptor KB menjalani operasi MOW di RSU Mitra Paramedika. "Kami berharap sinergi ini bisa terus berjalan," katanya.

Pelaksanaan KB jenis MOW itu sekaligus menjadi awal bulan bakti KB yang berlangsung di RSU Mitra Paramedika pada 2024. Sekaligus menjadi tahun kedua kerja sama antar kedua instansi ini dalam menjalankan program KB gratis jenis MOW. Pada pelaksanaan Kamis (15/2/2024) dilakukan operasi pada 7 akseptor KB dan sisanya enam akseptor dilakukan pada hari setelahnya.

Dalam operasi MOW para aseptor KB didampingi keluarga dan pendamping lapangan keluarga berencana (PLKB) dari kepanewon tempat tinggal akseptor. Mereka dahulu dilakukan pengecekan kesehatan sebelum dilakukan tindakan di ruang operasi.

BACA JUGA : Polres Bantul Gelar Operasi Patuh Progo Selama Dua Pekan ke Depan, Ini Sasarannya

"Kami bersama Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman berkomitmen untuk mengendalikan angka kelahiran bayi dan menurunkan angka prevalensi stunting di Kota Sembada," kata Direktur RSU Mitra Paramedika Ichsan Priyotomo.

Adapun untuk KB jenis implant maupun IUD kerja sama sudah berlangsung lebih awal dan rutin terlaksana setiap tahun. Setelah MOW yang saat ini berjalan, akan dilanjutkan pelaksanaan KB implant dan IUD pada April 2024 mendatang. "Masyarakat bisa memanfaatkan kegiatan KB ini secara gratis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mataram dan Bali, Warga Berhamburan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement