Advertisement

H-3 Batas Pelunasan, 997 Calon Jemaah Haji di Bantul Melunasi Ongkos

Jumali
Selasa, 20 Februari 2024 - 21:47 WIB
Arief Junianto
H-3 Batas Pelunasan, 997 Calon Jemaah Haji di Bantul Melunasi Ongkos Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul mencatat sebanyak 997 calon jemaah haji dari total 1.002 calon jamaah haji asal Bantul yang telah melakukan pelunasan biaya haji per Selasa (20/2/2024).

Jumlah itu dipastikan meningkat dan menjelang penutupan pelunasan, 23 Februari mendatang. “Sebanyak 997 orang itu, termasuk kuota cadangan,” kata Kepala Kemenag Bantul, Ahmad Shidqi, Selasa (20/2/2024).

Advertisement

Menurut dia, sejauh ini tidak ada kendala berarti untuk persiapan pemberangkatan calon jemaah haji. Meski diakuinya, ada 4 orang jemaah haji tidak mendpaatkan rekomendasi untuk diberangkatkan.

Sedangkan jumlah calon jemaah haji yang harus mendapatkan evaluasi dan menunggu satu bulan untuk melihat perkembangan kesehatannya ada 18 orang. “Sejauh ini soal biovisa dan paspor juga tidak ada kendala. Hampir semua calon jemaah haji termasuk cadangan sudah beres untuk visa dan paspor,” lanjut Shidqi.

Menurut dia, setelah pelunasan biaya haji, nantinya Kantor Kemenag Bantul baru akan memulai tahapan persiapan lainnya seperti manasik haji. Manasik haji rencananya digelar pada Syawal. “Karena di situ nanti juga sudah mulai penentuan kloter dan sebagainya. Nanti jemaah akan dikumpulkan di masing-masing kapanewon untuk latihan manasik haji,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Diperiksa KPK

Untuk manasik di tingkat kapanewon, Shidqi mengungkapkan ada sebanyak 5 kali. Setelah itu ada dua kali manasik haji di tingkat kabupaten. “Tetapi tergantung jemaah di kapanewon. Jika sedikit maka akan kami gabungkan dengan kapanewon lainnya,” ucap Shidqi.

Lansia

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Tri Widyantara mengatakan, 40% dari jemaah haji yang melakukan pemeriksaan sebelum dinyatakan bisa melakukan pelunasan biaya haji dan layak berangkat ke Tanah Suci merupakan lansia.

Adapun, pemeriksaan yang dilakukan berupa fisik dan laporan kesehatan. “Untuk jemaah haji yang sudah tua ada pemeriksaan rotgen dada juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement