Advertisement

Kabar Baik, Sampah APK di Sleman Bakal Diolah Jadi Bahan Baku Bahan Bakar

David Kurniawan
Rabu, 21 Februari 2024 - 20:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kabar Baik, Sampah APK di Sleman Bakal Diolah Jadi Bahan Baku Bahan Bakar Ilustrasi pencoptan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Satpol PP Sleman mencatat ada sekitar 10.000 alat peraga kampanye (APK) tersimpan di Gudang Bawaslu Sleman. Rencananya sampah ini akan diolah di TPST Tamanmartani di Padukuhan Sentono, Tamanmartani, Kalasan.

Kepala Satpol PP Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengatakan hasil penertiban APK pada saat masa tenang jelang pemungutan suara masih belum diapa-apakan hingga sekarang. Berdasarkan laporan yang masuk ada sekitar 10.000 baliho, spanduk, gambar caleg maupun capres yang telah diturunkan. “Untuk tonansenya saya kurang paham, tapi kalau dari sisi jumlah ada sekitar 10.000 APK yang telah diturunkan jelang pemilihan,” kata Shavitri kepada wartawan, Rabu (21/2/2024).

Advertisement

Ia mengakui keberadaan APK ini bisa menjadi masalah dikarenakan izin sewa gedung hanya berlangsung hingga Februari. Rencananya, sampah-sampah politik ini akan diolah TPST Tamanmartani.

Baca Juga

160 Ton Sampah APK Masih Tersimpan di Gudang Bawaslu dan Satpol PP di DIY

Sampah APK Tidak Boleh Dibuang di TPAS Wukirsari, Ini Alasannya

KLHK Mewanti-wanti Sampah APK Wajib Dikelola

Kendati demikian, untuk prosesnya belum ada kepastian dikarenakan harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Dinas Lingkungan Hidup. “Tentunya harus cepat mengingat kontrak gedung akan segera selesai di Februari ini,” ungkapnya.

Shavitri berharap hasil dari penertiban APK bisa memberikan manfaat. Pasalnya, proses pengolahan sampah di TPST Tamanmartani dapat menghasilkan refused derivied fuel (RFD) sehingga bisa menjadi sumber bahan bakar. “Harusnya bisa dimanfaatkan, di TPST kan ada alat cacahnya sehingga bisa diproses agar lebih bermanfaat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keamanan Wilayah di Jateng Dinilai Kondusif, Investor Terus Berdatangan

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement