Advertisement

Harga Beras Masih Tinggi, Operasi Pasar Bakal Menyasar Seluruh Kapanewon di Sleman

David Kurniawan
Selasa, 05 Maret 2024 - 15:47 WIB
Maya Herawati
Harga Beras Masih Tinggi, Operasi Pasar Bakal Menyasar Seluruh Kapanewon di Sleman Foto Ilustrasi. Operasi Pasar beras di DIY beberapa waktu lalu - ist - jogjakota.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman bakal memperluas pelaksanaan operasi pasar sembako pada saat Bulan Puasa. Rencananya kegiatan ini dilaksanakan di seluruh kapanewon di Bumi Sembada.

Kepala Bidang Bina Usaha Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Kurnia Astuti mengatakan, di akhir Februari sudah menggelar operasi pasar sembako di zona Sleman Barat, Timur, Utara dan Selatan. Meski demikian, ia mengakui kegiatan tersebut belum berdampak signifikan terhadap penurunan harga beras di pasaran.

Advertisement

“Fokus operasi pasar masih pada komoditas beras, kemudian ada gula dan telur. Berdasarkan pantauan di pasaran, harga beras di Sleman masih relatif tinggi,” kata Nia, Selasa (5/3/2024).

Menurut dia, upaya stabilisasi harga kebutuhan pokok masih akan digelar, khususnya pada saat memasuki Bulan Puasa dan jelang Lebaran. Oleh karenanya, jangkauan kegiatan tidak lagi dengan model zonasi, tapi diperluas dengan menyasar ke 17 kapanewon di Kabupaten Sleman.

BACA JUGA: Ini Alasan Pemda DIY Menutup Permanen TPA Piyungan Mulai Hari Ini

“Kami targetkan seluruh kapanewon di Sleman dilaksanakan operasi pasar. Rencananya kami laksanakan mulai 18 Maret mendatang,” katanya.

Nia mengungkapkan, pelaksanaan operasi pasar masih fikus pada komoditas beras. Meski demikian, ia tidak menampik ada komoditas lain seperti gula, telur, minyak hingga tepung.

“Setiap kapanewon akan dijatah beras seberat 12 ton. Agar bisa merata, maka pembelian akan dibatasi seperti pelaksanaan operasi pasar yang sudah pernah dilakukan,” katanya.

Adapun pelaksanaanya Pemkab Sleman bakal menggandeng Bulog, kelompok tani hingga pelaku usaha. Diharapkan adanya kegiatan operasi pasar di setiap kapanewon dapat memenuhi kebutuhan pokok Masyarakat, jelang Hari Raya Idulfitri.

“Ada potensi kebutuhan beras meningkat jelang Lebaran. Sedangkan panen di Sleman terjadi pada April-Mei, maka dengan operasi yang digelar bisa menyetabilkan harga jual di pasaran,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengklaim kenaikan harga beras terjadi dikarenakan dampak dari produksi yang menurun akibat kemarau Panjang. “Sudah dihitung dan ada penurunan produksi beras sekitar di 2023 sebesar 1,56% atau sebanyak 3.890 ton,” kata Kustini.

Menurut dia, penurunan ini memberikan dampak terhadap naiknya harga jual beras di pasaran. Hal tersebut terjadi karena stok berkurang, sedangkan permintaan tidak berubah dan malah cenderung meningkat.

Kustini berharap masyarakat tidak perlu panik adanya kenaikan harga ini. Pasalnya, pemkab berkomitmen untuk menjaga agar stabilitas harga bisa dilakukan dengan menggelar pasar murah. “Sudah kami gelar operasi pasar. Nanti pada saat akan Lebaran kembali digelar operasi yang sama,” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement