Advertisement

Pemudik Naik Bus Lewat Terminal di Jogja Diprediksi Meningkat 5-10 Persen

Lugas Subarkah
Minggu, 24 Maret 2024 - 16:47 WIB
Sunartono
Pemudik Naik Bus Lewat Terminal di Jogja Diprediksi Meningkat 5-10 Persen

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jumlah pemudik di Kota Jogja pada lebaran 2024 ini diprediksi akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Meski tidak sebanyak kendaraan pribadi, moda transportasi bus untuk mudik juga diperkirakan akan meningkat.

Kepala Terminal Tipe A Giwangan, Sigit Saryono, menjelaskan untuk moda transportasi bus diprediksi ada peningkatan. “Mungkin ga sebanyak kendaraan pribadi. Kita perkirakan kenaikan 5-10 persen [jumlah bus], termasuk penumpangnya,” ujarnya, Minggu (24/3/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Kemenhub Siapkan 722 Bus dan 30 Truk Mudik Gratis

Peningkatan ini terjadi karena pada lebaran tahun ini akan ada cuti panjang, dari sebelum maupun setelah hari H lebaran. Sehingga puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 6-7 April. “Lebaran ada cuti panjang, tanggal 5 sudah mulai [peningkatan]. Puncaknya 6 dan 7 April untuk mudiknya,” katanya.

Selain itu, sejumlah instansi juga akan menggelar program mudik gratis, sehingga akan memperbanyak pemudik dengan kendaraan bus. Program mudik gratis ini semuanya berangkat dari Jakarta dengan melibatkan puluhan bus.

“Bersamaan juga mudik gratis dari Jakarta. Ada dari Pemprov DKI sebanyak 36 bus dan Kementerian Perhubungan saya perkirakan sementara 25 bus, tapi bisa bertambah di angka 30 bus. Kemudian jabar juga ada dari swasta seperti Sidomuncul, Indomaret, BRI,” ungkapnya.

Untuk menyambut para pemudik ini, Terminal Giwangan mulai mempersiapkan dari sebelum H-10 lebaran. “Kita persiapan sudah mulai nanti sebelum H-10. Kita persiapkan sarana dan prasarana, pos-pos kesehatan, keamanan, kemudian juga personel kita tambah,” katanya.

Tambahan personel akan melibatkan instansi terkait seperti Jasa Raharja, Palang Merah Indonesia (PMI), kepolisian, Dinas Kesehatan hingga Badan Narkotika Nasionaal (BNN) yang akan dilibatkan dalam pemeriksaan kesehatan pengemudi bus.

Menjelang lebaran, pengelola Terminal Tipe A Giwangan juga akan meningkatkan ram check, seperti pada momen natal dan tahun baru (nataru). Ia menjelaskan ram check sebenarnya dilakukan rutin setiap hari dengan jumlah kendaraan 30-40 unit. Menjelang lebaran, kuantitas ram chek akan diperbanyak,

“Nanti kita usahakan 50 ke atas, bisa sampai 100. Karena setiap hari bisa sampai 700 bus yang masuk, lebaran 800 sampai 1000 bus. Kita ram check ditingkatkan mulai H-15 lebaran. Jadi mulai tanggal 2 APril kita maksimalkan. Sekarang kita sudah rutin walau hanya untuk sampel,” katanya.

BACA JUGA : Masih Diminati, Penumpang Mudik Gratis Bus Tahun Ini Diprediksi Naik 21,84 Persen

Pada ram check menjelang lebaran nanti juga akan diperkuat dengan tes kesehatan pengemudi bus untuk memastikan kelayakan jalan pengemudi. “Setiap ramcek kita periksa juga pengemudi termasuk tekanan darah. Kalaui tinggi pasti ada apa apa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Wanita di Ngawi Meninggal Usai Cabut Gigi Bungsu, Suami Tuntut Dokter Tanggung Jawab

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Penginapan Jepang Punya Promo Murah Menginap Per Malam Hanya Rp10 Ribu, Ini Syaratnya

Wisata
| Rabu, 08 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement