Advertisement

Libur Lebaran, Okupansi Hostel di Pusat Kota Jogja Meningkat Pesat Capai 90%

Yosef Leon
Selasa, 02 April 2024 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Libur Lebaran, Okupansi Hostel di Pusat Kota Jogja Meningkat Pesat Capai 90% Penampakan fasilitas dan kamar Dparagon Malioboro yang di Libur Lebaran 2024 ini mencapai okupansi 90%. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masa libur Lebaran tahun ini diprediksi akan menjadi masa panen bagi para pelaku industri pariwisata. Jutaan wisatawan dimungkinkan berlibur ke Jogja pada masa libur Lebaran mendatang. 

Tak terkecuali bagi pelaku usaha penginapan atau hostel yang mengaku libur Lebaran tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. Peningkatan okupansi bahkan melonjak tajam sampai mencapai 90%. 

Advertisement

General Manager Dparagon Kost Eksklusif, Budiana mengatakan pihaknya kini mengelola sejumlah penginapan di antaranya di kawasan kampus UNY, UPN dan UGM di daerah Karangmalang, Gang Flamboyan, Pogung dan Seturan.  

Menurutnya, tahun ini hostel atau penginapan yang berada di pusat Kota Jogja seperti jalan Malioboro menjadi incaran wisatawan. Bahkan tingkat okupansi telah mulai ramai dipesan sejak awal Ramadan hingga mendekati libur Lebaran nanti.

"Alhamdulillah rata-rata okupansi Dparagon saat Lebaran 80-90 persen. Ini sudah mengalami kenaikan sejak awal Ramadan dan puncaknya saat periode arus mudik dan balik nanti. Bahkan ada beberapa yang sudah penuh," kata Budiana, Selasa (2/4/2024).

Untuk mengantisipasi peningkatan tamu sekaligus memberikan pelayanan maksimal saat musim libur lebaran, pihaknya juga memberikan berbagai fasilitas lengkap di antaranya paket kuliner seperti breakfast khusus dan lain sebagainya. 

"Kami melayani breakfast khusus di Dparagon Malioboro dengan nuansa rooftop. Jadi pengunjung bisa menikmati suasana Kota Jogja dari atas sambil menikmati sajian kuliner khas," jelasnya.

BACA JUGA: Rekomendasi 10 Negara untuk Liburan Murah 2024, Ada Turki hingga Thailand

Dia memastikan bahwa fasilitas hostel tak kalah dengan hotel berbintang lainnya. Pengunjung bisa mendapatkan beragam fasilitas lengkap mulai dari AC, kulkas, shower air panas, wifi, free parkir dan breakfast. "Untuk keamanan pengunjung, kami juga telah pasang CCTV untuk keamanan serta Customer Service 24 Jam. Bahkan tahun ini kita bikin program promo giveaway Iphone untuk reservasi harian dan mingguan dengan kode promo diskon up to 70 persen," ucap dia.

BACA JUGA: 

Pada musim Lebaran tahun ini, sebagian besar tamu merupakan rombongan wisata, keluarga maupun karyawan perusahaan yang tengah tugas luar kota. Kebanyakan pengunjung hostel didominasi dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang maupun Surabaya. 

"Ini banyak juga ya yang rombongan wisatawan gitu, mereka ingin melewatkan malam tahun baru di Jogja. Juga sebagian lagi adalah rombongan keluarga juga ada dari instansi dan perusahaan yang sedang bertugas di Jogja," pungkas dia.

Sebelumnya PHRI DIY memprediksi okupansi kamar hotel di wilayah di DIY akan mencapai 100 persen pada H+2 sampai H+5 libur Lebaran 2024. Kenaikan itu diprediksi akan terjadi sejak 8 April sampai pada masa cuti bersama Idulfitri 2024 nanti. 

Wakil Sekretaris PHRI DIY Wahyu Wikan Trispratiwi mengatakan, pada Lebaran ini diprediksi hunian kamar hotel di Jogja kembali naik signifikan. Di masa sekarang saja beberapa hotel sudah mengalami okupansi sebesar 60 persen secara rata-rata.  "Sekarang okupansi beberapa hotel sudah 60 persen, tapi kami yakin mendekati Lebaran akan semakin naik," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement