Advertisement

Tol Jogja-Solo Resmi Dibuka, Pemudik Silakan Melintas!

Sunartono
Jum'at, 05 April 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Resmi Dibuka, Pemudik Silakan Melintas! Tol fungsional Solo-Jogja secara resmi dibuka di STA 0 Colomadu, Jumat (5/4/2024). - Solopos/Ni’matul Faizah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tol Jogja-Solo secara resmi dioperasikan secara fungsional dengan membuka ruas dari Simpang Susun Kartasaura hingga Exit Toll Ngawen Klaten, Jumat (5/4/2024).  Pembukaan jalan tol ini dilakukan pada Jumat pagi pukul 06.00 WIB diikuti dengan kendaraan pemudik yang akan melintas.

Tol Jogja-Solo secara resmi dibuka oleh Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rudy Hardiansyah, Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dan sejumlah pejabat lain di STA 0 Colomadu. Pengoperasian dilakukan dengan mengangkat bendera start sebagai pertanda diperbolehkannya masyarakat pengguna mobil melintas di tol Jogja-Solo.

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional Mulai 5 April untuk Pemudik, Berikut Ketentuannya

"Kami membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Ruas Colomadu – Ngawen dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Hanya beberapa jenis kendaraan yang boleh melintas yaitu golongan I nonbus atau kendaraan kecil. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 KM/jam," kata Rudy.

Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo sepanjang 22 kilometer yang dibuka ini konstruksinya masih berstatus perkerasaan kaku atau rigid pavement di kedua jalur sepanjang 13 KM dan 9 KM, sisanya rigid pavement baru diselesaikan untuk satu jalur saja. Meski demikian ia menjamin jalur tersebur aman untuk dilewati oleh para pemudik. Ia memprediksi volume lalu lintas yang akan melewati jalur fungsional ini mencapai 1.000 kendaraan per jam.

"Dengan melewati jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik Lampu APILL serta menghemat waktu perjalanan dari Gerbang Tol Colomadu menuju Klaten hingga 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional," katanya.

Rudy memastikan petugas untuk mengawal operasional jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo agar berjalan lancar. Di antaranya menyediakan Posko Lebaran 2024 di GT Banyudono, Pos Pantau di KM 13+000 dan KM 19+000 serta Posko Kepolisian dan Dishub di Akses Colomadu, Akses Banyudono, Akses Karanganom serta Akses Ngawen (Klaten).

Selain itu menyediakan layanan toilet dan SPBU mobile di sepanjang jalur fungsional tol Jogja-Solo. Apabila pengguna jalan mengalami keadaan darurat kami juga menyediakan sarana parasarana dan fasilitas pendukung seperti Mobile Customer Service (MCS), ambulance, rescue, serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat.

BACA JUGA : Penyelesaian Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Diprediksi Molor, Ini Penyebabnya

"Kami telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah dan rambu informasi lainnya di sepanjang tol Jogja-Solo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Helikopter Ditumpangi Presiden Iran Jatuh, Rusia Kirim Pesawat Canggih Bantu Pencarian

News
| Senin, 20 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement