Advertisement

Pemudik Hati-hati! 35 Persen Jalan di Kabupaten Bantul Rusak

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 07 April 2024 - 10:27 WIB
Sunartono
Pemudik Hati-hati! 35 Persen Jalan di Kabupaten Bantul Rusak Jalan rusak - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 35% jalan di wilayah Bantul yang menjadi kewenangan Pemkab setempat dalam kondisi rusak alias tidak memadai. Oleh karena itu para pemudik yang melintasi jalan di wilayah Bantul perlu berhati-hati.

Terungkapnya kerusakan jalan mencapai 35% itu berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul dengan kategori rusak, baik rusak ringan maupun berat. Anggaran perbaikan diperkirakan butuh sekitar Rp400 miliar.

Advertisement

BACA JUGA : Siap Dilewati Pemudik, Jalan Rusak di Godean Diklaim Sudah Selesai Ditambal

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Bantul, Eka Budisantoso mengatakan kondisi jalan kabupaten yang tidak memadai tersebut sekitar 427,74 kilometer. Adapun jalan kabupaten kondisinya baik diklaim mencapai 64,67% atau 782 kilometer.

"Kondisi jalan kabupaten yang tidak mantap beragam, mulai dari rusak ringan dan rusak berat. Aawal 2024 ada penambahan panjang dan ruas jalan kabupaten karena perubahan status jalan desa menjadi jalan kabupaten," katanya, Kamis (4/4/2024).

Pada 2024 ada penambahan sebanyak 625 ruas jalan kabupaten, dari sebelumnya hanya ada 376 ruas jalan, atau sepanjang 624,47 kilometer menjadi 1.001 ruas jalan dan sepanjang 1.210,72 kilometer.

Eka menilai perubahan status jalan desa menjadi jalan kabupaten tersebut menambah beban anggaran perbaikan jalan yang harus ditanggung Pemkab Bantul. Tahun lalu sebelum ada perubahan status jalan tersebut, ruas jalan kabupaten dalam kondisi mantap ada sekitar 76%, sementara saat ini kondisi jalan kabupaten yang baik secara persentase hanya 64%.

BACA JUGA : 400 Kilometer Jalan Kabupaten di Bantul Rusak

Kepala DPUPKP Bantul, Aris Suharyanta memastikan n perbaikan jalan kabupaten telah dimulai sejak awal tahun. DPUPKP terus mengejar kesiapan jalan kabupaten agar dalam kondisi layak selama Lebaran 2024. Perbaikan jalan akan memprioritaskan beberapa ruas jalan kabupaten yang menjadi akses ke tempat wisata, serta penghubung jalan provinsi dan nasional.

"Kebutuhan [anggaran] untuk perbaikan jalan kabupaten mencapai ratusan miliar, tidak bisa kami selesaikan dalam satu atau dua tahun anggaran," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement