Advertisement

UAD Nyatakan Penceramah di Tamanan Untung Cahyono Tak Lagi Mengajar sejak 2022

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 12 April 2024 - 11:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
UAD Nyatakan Penceramah di Tamanan Untung Cahyono Tak Lagi Mengajar sejak 2022 Potongan video saat jemaah meninggalkan lokasi Salat Id di Tamanan, Bantul. - InstagramMerapi_Uncover

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ramai beredar video khotbah Untung Cahyono berbau politik dalam Salat Idulfitri 2024 di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Bantul. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang disebut-sebut sebagai instansi yang menaungi Untung Cahyono pun buka suara.

Kabid Humas dan Protokol UAD, Ariadi Nugraha, mengaku kampus menerima pesan melalui berbagai media sosial mengenai kejadian tersebut. Dalam beberapa postingan yang beredar di media sosial, terdapat komentar-komentar yang menyebut UAD sebagai institusi yang terkait dengan Untung Cahyono.

Advertisement

Ariadi menyampaikan Untung Cahyono pernah menjadi bagian dari UAD sebagai dosen tamu atau dosen tidak tetap Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) di Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) yang berakhir pada 2022.

"Saat ini yang bersangkutan sudah tidak aktif mengajar di UAD," tegasnya, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga

Khotbah Salat Idulfitri di Tamanan Berbau Politik, Begini Penjelasan Kemenag Bantul

Kemenag Bantul Jelaskan Identitas Penceramah Salat Id di Tamanan Bantul

Materi Khotbah Berbau Politik, Jemaah Salat Id di Tamanan Bantul Bubar

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, Ahmad Sidqi, menjelaskan khatib yang memberi khotbah tersebut adalah Untung Cahyono, salah seorang dosen perguruan tinggi swasta.

Ahmad juga mengakui di tengah Untung Cahyono memberikan khotbah, ada sebagian jemaah yang meninggalkan lapangan setelah menyimak isi khotbah.

"Sebagian jemaah pergi meninggalkan lapangan setelah menyimak isi materi khotbah yang mengaitkan salah satu ayat alquran yang dengan kecurangan pada Pemilihan Umum 2024," katanya.

Ahmad Sidqi menjelaskan berdasarkan informasi KUA Tamanan yang berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Tamanan yang berada di lokasi Salat Id, isi khotbah memang menyinggung dugaan kecurangan pemilu oleh berbagai pihak.

Ia menjelaskan kejadian tersebut terjadi lantaran Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Tamanan tidak membicarakan mengenai materi khotbah ketika berkoordinasi dengan khatib.

"Sewaktu [Ketua PHBI Tamanan] memohon ustaz [Untung Cahyono] menjadi khotib, mereka tidak membicarakan mengenai materi khotbah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement