Advertisement

Sejumlah Ruas Jalan di Kota Jogja Mengalami Perlambatan Arus, Begini Strategi Kepolisian

Yosef Leon
Sabtu, 13 April 2024 - 15:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sejumlah Ruas Jalan di Kota Jogja Mengalami Perlambatan Arus, Begini Strategi Kepolisian Suasana arus lalu lintas yang terpantau padat lancar di kawasan Titik Nol KM Kota Jogja pada Sabtu (13/4/2024). Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah titik di Kota Jogja mengalami perlambatan arus karena jumlah kendaraan yang memludak drastis. Terpantau kepadatan lalu lintas terjadi sejak H+2 Lebaran sampai puncaknya terjadi pada kemarin malam.

Di sepanjang Jalan Malioboro, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan KH Ahmad Dahlan antrean kendaraan mengular. Lalu lintas padat lancar dan belum sampai ke titik macet total lantaran didominasi oleh kendaraan roda empat. 

Advertisement

Kasatlantas Polresta Jogja AKP Maryanto mengatakan sejumlah jalan tersebut mengalami kepadatan lantaran banyaknya wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi itu. Kepadatan itu terjadi sejak H+2 lebaran sampai puncaknya pada Jumat (12/4/2024) malam kemarin. 

"Puncaknya kami prediksi kemarin malam dan hari ini," katanya, Sabtu (13/4/2024). 

Maryanto menjelaskan untuk mengurai kepadatan lalu lintas tersebut petugas melakukan sejumlah strategi. Di Malioboro dilakukan sistem buka tutup jika kendaraan sudah terlalu padat. Pengemudi dari arah Jalan Abu Bakar Ali yang menuju jantung Kota Jogja itu akan diarahkan ke Jalan Pasar Kembang. 

"Sementara yang di Jalan Jenderal Sudirman jika padat kami kurangi dari simpang Gramedia dan dari simpang Tugu kami luruskan ke arah Jalan P. Diponegoro," jelasnya. 

Baca Juga

Dishub Sebut Kawasan Gumaton Masih Jadi Simpul Macet Jogja Saat Libur Lebaran

Berlibur ke Jogja, Hindari 18 Jalan Rawan Macet Ini

Dua Titik Wisata di Sleman Ini Bakal Macet Saat Libur Lebaran, Ini Skema yang Disiapkan Dishub

Tidak ada insiden yang menonjol selama masa libur lebaran ini. Pihaknya mengimbau kepada para pengendara untuk tetap bersabar jika mengalami kepadatan lalu lintas. Petugas kepolisian dipastikan akan melakukan pelancaran arus jika kondisi sudah terlampau padat.  

Sementara di kawasan Malioboro petugas kepolisian juga melakukan penebalan pengamanan agar wisatawan yang berkunjung merasa nyaman serta terhindar dari insiden kriminal. 

Ratusan personel diterjunkan di berbagai titik strategis, mulai dari depan Plaza Malioboro, jalur lambat dan simpang Teteg Malioboro. Bahkan pos pengamanan didirikan di Pos Teteg dan titik Nol KM Jogja untuk memudahkan koordinasi dan respons terhadap situasi yang mungkin terjadi.

"Penebalan pengamanan ini dilakukan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas, membantu penyeberangan jalan dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif," jelas Kasihumas AKP Sujarwo. 

AKP Sujarwo menambahkan selain menjaga kelancaran arus lalu lintas dan kamtibmas, personel yang disiagakan di Malioboro juga siap membantu wisatawan yang membutuhkan informasi atau mengalami kesulitan.

"Kami harap dengan penebalan pengamanan ini, wisatawan dan masyarakat Yogyakarta dapat menikmati liburan Lebaran dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement