Advertisement

Belasan Gempa Guguran Terjadi di Merapi Awal Pekan Ini

Catur Dwi Janati
Senin, 15 April 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Belasan Gempa Guguran Terjadi di Merapi Awal Pekan Ini Ilustrasi hasil pengamatan visual BPPTKG yang menunjukkan guguran awan panas di Gunung Merapi. - Istimewa/BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah gempa guguran terjadi di Gunung Merapi awal pekan ini. Aktivitas ini terpantau oleh Tim Penyusun Laporan Aktivitas Gunung Merapi BPPTKG, Ahmad Sopari dan Yulianto. 

Dalam periode pengamatan pukul 06.00 WIB-12.00 WIB pada Senin (15/4/2024) Ahmad melaporkan sejumlah gempa guguran terjadi di Gunung Merapi.

Advertisement

Secara umum, cuaca di kawasan Gunung Merapi dilaporkan mendung. Angin bertiup tenang ke arah barat dengan suhu udara 21,8-25 derajat Celsius. Namun, belasan gempa guguran terpantau terjadi di Gunung Merapi. "Gempa Guguran terjadi 18 kali dengan amplitudo 2-18 milimeter dan berdurasi 445-130,7 detik," terang Ahmad.

Selain gempa guguran, Ahmad juga mencatat adanya gempa Low Frekuensi dan gempa Fase Banyak. Setidaknya satu gempa Low Frekuensi terjadi di Gunung Merapi dengan amplitudo tiga milimeter dan durasi 14,28 detik. Sementara gempa Hybrid atau Fase Banyak terjadi tiga kali dengan amplitudo 2-3 milimeter, berdurasi 6,84-6,92 detik.

BACA JUGA: 7 Kecamatan Terkena Hujan Abu Erupsi Gunung Merapi

Merujuk aktivitas vulkanik yang ada, Gunung Merapi masih berstatus Siaga ataau Level III. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal lima kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal tujuh kilometer.

Pada sektor tenggara potensi bahaya meliputi Sungai Woro sejauh maksimal tiga kilometer dan Sungai Gendol lima kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak. "Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bandara Sam Ratulangi Kembali Ditutup Pasca Erupsi Gunung Ruang di Sulut

News
| Selasa, 30 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement