Advertisement

Gagal Capai Target Maksimal Kunjungan Wisatawan Saat Lebaran, Pemkab Sleman Lakukan Evaluasi

David Kurniawan
Selasa, 16 April 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Gagal Capai Target Maksimal Kunjungan Wisatawan Saat Lebaran, Pemkab Sleman Lakukan Evaluasi Ilustrasi jip wisata di Lereng Merapi, Sleman. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman memastikan target kunjungan selama libur Lebaran bisa terpenuhi. Meski demikian, akan upaya evaluasi guna memenuhi target kunjungan dalam kurun waktu satu tahun.

Kepala Dispar Sleman, Ishadi Zayid mengatakan, selama libur Lebaran tercatat ada kunjungan sebanyak 327.211 wisatawan. Jumlah ini masih bisa bertambah dikarenakan ada beberapa destibasi yang belum mengumpulkan data kunjungan. “Kemungkinan tambah itu ada, tetapi untuk bisa mencapai 400.000 pengunjung sepertinya sulit,” kata Ishadi, Selasa (16/4/2024).

Advertisement

Menurut dia, dengan jumlah kunjungan ini maka target pengunjung bisa terpenuhi. Hanya saja, tingkat ketercapaian tergolong di angka terendah dikarenakan selama libur Lebaran ada kunjungan sebanyak 300.000-450.000 orang.

“Harapannya bisa mencapai 450.000 pengunjung, tetapi sulit untuk merealisasikannya karena yang sudah masuk baru 327.211 orang. Ini juga sudah memenuhi target, tapi dalam Batasan yang paling rendah,” katanya.

Oleh karena itu, dia berencana mengevaluasi berkaitan dengan penyelenggaraan libur Lebaran. Hal ini dibutuhkan untuk acuan penyelenggaraan libur ke depan sehingga target kunjungan dalam rentang waktu satu tahun dapat terpenuhi.

“Minggu depan baru kami lakukan evaluasi. Ada banyak dibahas mulai perbandingan kunjungan dan destinasi objek dengan daerah lain, juga ada evaluasi tentang apa yang harus diperbaiki tetang pelayanan wisata di Sleman,” katanya.

Menurut dia, di 2024 ada target kunjungan wisata sebanyak 7,5 juta orang. Untuk memenuhi target ini sudah menyiapkan kalender even pariwisata guna menarik minat wisatawan berkunjung ke destinasi di Bumi Sembada. “Banyak even mulai dari sport tourism, even budaya dan lain sebagainya,” katanya.

BACA JUGA: Ratusan Ribu Wisatawan Serbu Objek Wisata di Sleman, Terbanyak di Candi dan Kaliurang

Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto menambahkan, sama seperti penyelenggaraan liburan di momen-momen sebelumnya, kunjungan masih didominasi ke objek wisata di lereng Merapi dan Kawasan wisata candi seperti Prambanan dan Ratu Boko. Destinasi di sisi timur ini menjadi primadona karena menyumbang kunjungan terbanyak.

Lava tour, wisata Kaliurang, Candi Prambanan, Ratu Boko jadi penyumbang terbanyak saat libur Lebaran. Untuk destinasi lain juga ada peningkatan, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement