Advertisement

Laku Keras untuk Syawalan, Harga Bawang di Sleman Melambung hingga Rp65 Ribu per Kg

Catur Dwi Janati
Selasa, 16 April 2024 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Laku Keras untuk Syawalan, Harga Bawang di Sleman Melambung hingga Rp65 Ribu per Kg Bawang merah dan bawang putih. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Harga sejumlah bahan pangan terpantau masih tinggi seusai lebaran di berbagai pasar tradisional Sleman. Bawang merah dan bawang putih menjadi dua komoditas yang paling menonjol kenaikan harganya lantaran permintaannya yang tinggi untuk momen syawalan.

Kepala Bidang Usaha Perdagangan Disperindag Sleman, Kurnia Astuti mengungkapkan pasca hari raya, harga pangan yang terpantau masih tinggi ada pada komoditas bawang. Tingginya harga bawang tidak bisa dilepaskan dari banyaknya kebutuhan komoditas ini untuk agenda syawalan.

Advertisement

"Yang masih tinggi bawang-bawangan ya, itu karena masih banyak acara mungkin untuk syawalan. Bawang merah sama bawang putih itu yang harganya masih tinggi," kata Nia, Selasa (16/4/2024)

Harga rata-rata bawang merah di Sleman tembus di angka Rp52.000 per kilogram, naik sekitar Rp3571 per kilogram. Rerata ini menjadi yang paling mahal dari rentang bulan Maret hingga April 2024.

Harga bawang merah tertinggi bahkan tembus di angka Rp65.000 per kilogram di Pasar Tempel. Di Pasar Sleman harga bawang merah berkisar Rp60.000 per kilogram. Sementara di Pasar Cebongan, Pasar Gamping, Pasar Pakem dan Pasar Gentan harga bawang merah berada di kisaran Rp50.000 per kilogram.

Sementara pada komoditas bawang putih kating rata-rata harga jualnya di pasar rakyat Sleman mencapai Rp45.286 per kilogram atau naik Rp1857 dari harga sebelumnya. Harga jual bawang putih kating nyaris mirip di semua pasar pantauan Disperindag. Kisarannya mulai dari Rp42.000 per kilogram di Pasar Cebongan dan Pasar Godean hingga Rp50.000 per kilogram di Pasar Tempel dan Pasar Sleman.

BACA JUGA: Viral di Media Sosial, Gelandangan di Pelengkung Gading Dibawa ke Camp Assesment Dinsos DIY

Nia tak bisa memastikan kapan harga komoditas bawang ini akan bertahan di harga tertingginya. Namun besar kemungkinan harga bawang akan mulai menurun seiring berkurangnya permintaan bawang untuk kebutuhan acara syawal.

"Kami belum tahu kapan turunnya, semoga nanti pasca syawal sudah mulai menurun. Sekarang karena permintaannya naik, masyarakat permintaannya baru tinggi sehingga kebutuhannya pada naik," katanya.

Kepala Sub Bagian TU Pasar Sleman, Sarjiyem tak menampik masih tingginya harga bawang di pasar. Di Pasar Sleman harga bawang merah tembus Rp60.000 per kilogram, sedangkan bawang putih kating sampai di harga Rp50.000 per kilogram.

Selain kebutuhan yang meningkat, Sarjiyem mengungkapkan ada faktor terlambatnya pengiriman bawang yang bisa menjadi penyebab mengapa harga komoditas bawang melejit. "Dari keterlambatan pengiriman, kaya gula pasir juga itu sekarang masih belum disetori lagi," ujarnya.  "Kebutuhan masih tinggi tapi pengiriman mengalami keterlambatan."

Stok bawang di los-los pedagang pun diungkapkan Sarjiyem mulai menipis. Dampaknya harga bawang pun kian melambung. Kini, hanya kedatangan barang yang dinilai mampu kembali menurunkan harga bawang.

"Info dari pedagang dalam dua atau tiga hari pengiriman bawang merah, bawang putih, gula pasir dan lainnya baru dikirim. Ini salesnya masih pada libur. Mungkin kalau pengiriman sudah lancar harga akan turun," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement