Advertisement

Toleransi Umat Islam di Indonesia Perlu Ditularkan ke Dunia Internasional

Sunartono
Selasa, 23 April 2024 - 23:27 WIB
Sunartono
Toleransi Umat Islam di Indonesia Perlu Ditularkan ke Dunia Internasional Dekan Fishum Mochamad Sodik. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Toleransi umat Islam Indonesia perlu menjadi inspirasi dan ditularkan di dunia internasional. Konsep Islam moderat yang terjadi di Indonesia terbukti mampu menciptakan kerukunan antarumat beragama.

Isu itu dibahasn dalam Annual International Conference on Social Science and Humanities yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kaliaga pada Selasa (23/4/2024) hingga Rabu 24/4/2024).

Advertisement

Dekan Fishum Mochamad Sodik menjelaskan forum ilmiah tersebut sebagai ejawantah dari komitmen berkelanjutan untuk mendorong dialog akademis dengan mempertemukan para akademisi dan praktisi secara internasional. Selain itu ingin menekankan pentingnya memperkenalkan dan mengarusutamakan Islam Indonesia yang toleran, kaya dengan praktik sosio-kultural.

BACA JUGA : Ayu Ting Ting Sebut Lebaran Jadi Ajang Saling Toleransi dan Menghargai

"Dan tentu saja kaya melalui pendekatan damai. Ini saatnya kita secara masif memperkenalkan Islam kita ke dunia internasional, bahwa Islam Indonesia ini sangat toleran," katanya.

Ia berharap hasil pertemuan itu bisa menjadi landasan penting dalam eksplorasi integrasi Islam Indonesia ke dalam berbagai aspek masyarakat, terutama dalam konteks masyarakat global. Fenomena penting ini perlu mendapat perhatian serius, karena Indonesia menjadi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, pemahaman tentang dinamika lansekap keislaman di sangat penting diperkenalkan ke  kancah internasional.

"Karena kami yakin Islam Indonesia akan memberikan inspirasi bangsa dan dunia. Kita tahu dunia internasional ada perang dan lain-lain, Indonesia memberikan contoh ada pertikaian alamiah tetap bisa cepat diselesaikan salah satunya kehadiran tokoh muslim dan agama lain unuk bersinergi dengan perspektif moderat," katanya.

Konferensi ini menampilkan pembicara utama, diskusi panel, dan presentasi makalah, untuk memberikan peserta pemahaman komprehensif tentang aspek sosial, budaya, politik, ekonomi, dan agama yang membentuk Islam Indonesia. Peserta berpartisipasi dalam diskusi yang memicu pemikiran tentang topik seperti pengalaman keberislaman masyarakat Indonesia dalam kaca mata ilmu sosial dan humaniora.

"Dengan mengumpulkan para ahli dan pemangku kepentingan dari berbagai disiplin ilmu, kami bertujuan untuk mendorong dialog lintas disiplin dan menghasilkan wawasan yang dapat berkontribusi pada pengarusutamaan Islam Indonesia di pentas global kontemporer," kata Ketua Panitia B.J. Sujibto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidang Eks Menteri Pertanian SYL, KPK Bawa 4 Saksi dari Kementan

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement