Advertisement

Progres TPS 3R Karangmiri Mengalami Perlambatan, Pengolahan Sampah Pemkot Jogja Bertumpu pada Nitikan

Alfi Annisa Karin
Kamis, 25 April 2024 - 17:27 WIB
Ujang Hasanudin
Progres TPS 3R Karangmiri Mengalami Perlambatan, Pengolahan Sampah Pemkot Jogja Bertumpu pada Nitikan Petugas membersihkan mesin penghancur sampah organik untuk diolah menjadi kompos di TPS3R Nitikan, Jogja, belum lama ini. - ist - Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO - Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut progres pembangunan TPS 3R Karangmiri mengalami perlambatan.

Singgih mengatakan sejatinya jika melihat jadwal, lokasi itu akan selesai pada Juni 2024. Namun, Pemkot Jogja melakukan akselerasi, sehingga target awal akan selesai pertengahan April 2024. Namun, dalam prosesnya, ekspektasi Pemkot Jogja itu harus kembali mundur. Sebab, diperkirakan TPS 3R Karangmiri baru akan selesai akhir Mei atau awal Juni.

Advertisement

"Yang saya maksud perlambatan itu dari target kami. Kemarin juga ada libur lebaran, itu menjadi bagian (perlambatan) tetapi saya sampaikan targetnya Juni," ujar Singgih di Balai Kota Jogja, Kamis (25/4).

Pembangunan di TPS 3R Karangmiri terbilang paling siginifikan dibanding TPS 3R lainnya. Pembangunan meliputi pembangunan jembatan dan pembangunan dua lantai. Untuk itu, kini pengelolaan sampah di Kota Jogja bertumpu pada TPS 3R Nitikan dan Kranon. Sementara, TPS 3R Nitikan kini telah beroperasi normal. Setiap hari mampu mengolah hingga 60 ton sampah.

"Produk utamanya RDF. Perhari mengolah hingga 60 ton perhari. Efisiensi bisa 75 ton perhari," imbuhnya.

BACA JUGA: Warga Terluka Saat Berdesak-desakan Buang Sampah di Depo Purawisata Jogja

Sedangkan untuk TPS 3R Nitikan II atau Kranon akan mulai dioperasikan pada awal Mei atau akhir April. Singgih mengatakan di sana telah terpasang peralatan satu modul mesin RDF diinstalasi. Sementara dalam minggu ini dia berharap hanggar bisa terpasang. Pilar baja hanggar sudah terpasang, sehingga tersisa pemasangan atap. TPS 3R Kranon akan mengolah 40-45 ton sampah perhari.

"Total 100 ton atau dimaksimalkan 120 ton untuk dua lokasi," tuturnya.

Menurut Singgih, angka ini belumlah menyerap seluruh produksi sampah di Kota Jogja yang mencapai lebih dari 200 ton perhari. Sisanya, sampah yang belum terserap di TPS 3R akan dikerjasamakan dengan pihak swasta. Singgih menyebut skema yang digunakan adalah tipping fee atau membayar jasa pihak swasta untuk mengolah sampah. Saat ditanya berapa besarannya, Singgih enggan menjawab detail.

"Tipping fee, kita mbayar per tonase nya. Sing penting beres dan itu sudah kita anggarkan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aparat Indonesia Tangkap 2 Kapal Vietnam saat Curi Ikan di Perairan Natuna

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement