Advertisement

PROGRAM DPAD DIY: Membangun Motivasi Masyarakat melalui Bedah Buku

Media Digital
Kamis, 25 April 2024 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
PROGRAM DPAD DIY: Membangun Motivasi Masyarakat melalui Bedah Buku Bedah buku berjudul Upgrade: Menggali Inspirasi, Membangun Motivasi, Mewujudkan Aksi, yang digelar DPAD DIY di Joglo Pawirosumarto, Gesikan, Sidomoyo, Godean, Kamis (25/4/2024). Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Upaya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui kegiatan bedah buku, mulai menuai hasil. Digenjot sejak awal 2024, kunjungan masyarakat ke perpustakaan di Bumi Mataram, baik secara daring maupun luring terus meningkat.

"Dengan adanya program kegiatan bedah buku, alhamdulillah di triwulan pertama 2024 ini minat baca di masyarakat maupun jumlah warga yang datang ke perpustakaan semakin meningkat," kata Sekretaris DPAD DIY, Martono Heri Prasetyo dalam acara Bedah Buku DPAD DIY di Joglo Pawirosumarto, Godean, Kamis (25/4/2024).

Advertisement

Skema bedah buku ke desa-desa telah diinisiasi Dinas DPAD DIY sejak pandemi Covid-19. Alih-alih mengundang masyarakat untuk hadir ke acara bedah buku yang sering digelar di perkotaan, DPAD DIY justru datang ke kampung-kampung menggelar bedah buku dengan menghadirkan masyarakat. Adapun topik buku yang dibedah disesuaikan dengan potensi atau persoalan yang dihadapi masyarakat setempat.

Setali tiga uang, agenda bedah buku yang digelar juga menjadi wadah promosi fasilitas yang dimiliki perpustakaan luring maupun daring yang dikelola DPAD DIY. Dampaknya, jumlah kunjungan dua layanan ini terus meningkat. "Sekarang ini generasi Z, generasi milenial, tidak sebatas kunjungan fisik ke perpustakaan daerah. Tapi mereka cukup signifikan, pertumbuhannya luar biasa yang mengunjungi portal e-book kami," katanya.

Targetnya, tren positif kunjungan perpustakaan luring maupun daring serta tingginya minat baca di DIY dapat membuat posisi DIY tetap menjadi yang paling tinggi secara nasional pada aspek minat baca masyarakat.

"Target Pemerintah DIY yakni di 2023 tingkat kegemaran membaca kita tertinggi nasional, kami berharap dengan adanya pertumbuhan yang signifikan, maka DIY masih berada di peringkat pertama untuk nasional," katanya.

Dalam acara bedah buku di Dusun Gesikan, Kalurahan Sidomoyo, Godean, buku yang dibedah berjudul Upgrade: Menggali Inspirasi, Membangun Motivasi, Mewujudkan Aksi. Anggota DPRD DIY, Sofyan Setyo Darmawan menyatakan buku yang dibedah sesuai dengan momentum Syawalan. Judul buku yang diusung, Upgrade, bagi Sofyan merupakan arti lain dari syawal yang berarti meningkat. "Bagaimana kita meningkatkan kualitas diri, meningkatkan amal saleh," katanya.

Sofyan berharap dari buku ini para peserta yang merupakan masyarakat dari lintas umur dan lintas kalangan dapat termotivasi menggali potensi dirinya hingga bermuara pada aksi nyata. Syukur tidak hanya menggali potensi diri, namun warga juga bisa menggali potensi di lingkungan sekitarnya.

"Kita menjadi bisa melihat potensi, karena tidak banyak orang mampu melihat potensi, baik itu potensi diri maupun potensi lingkungan di sekitarnya," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement