Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo Ringroad Utara: Mulai Dipatok, Ini Jadwal Pembayaran Ganti Rugi

Sunartono
Minggu, 26 Mei 2024 - 19:17 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo Ringroad Utara: Mulai Dipatok, Ini Jadwal Pembayaran Ganti Rugi Pekerja proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman melakukan pacthing atau penambalan jalan di jalan ring road area Trihanggo. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan tol Jogja-Solo untuk proyek di wilayah DIY terus mengalami perkembangan. Di tengah pembangunan konstruksi untuk ruas Trihanggo-Junction Sleman, pembebasan lahan untuk ruas Maguwoharjo-Trihanggo juga terus dikebut.

Pembebasan lahan tol Jogja-Solo untuk ruas Maguwo-Trihanggo ini telah dipasang patok dan memasuki tahap pengukuran lahan terdampak. Ruas Maguwo-Trihanggo atau sepanjang Ringroad utara Sleman ini diperkirakan panjang 7,21 kilometer akan melewati di area dalam kota dengan padat permukiman penduduk dan pusat bisnis.

Advertisement

BACA JUGA : Kabar Baik, Pengerjaan Proyek Tol Solo-Jogja dan Jogja-Bawen Sudah Tersambung

Sejumlah patok lahan terdampak di sepanjang Ringroad Utara Sleman. Pembebasan lahan ruas ini dilakukan paling akhir karena pembangunan konstruksinya juga direncanakan paling akhir setelah semua ruas tol di DIY yaitu Jogja-Solo, Jogja-YIA dan Jogja-Bawen tuntas.

PPK Tol Jogja-Solo Dian Ardiansyah membenarkan pematokan untuk pembebasan lahan tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo sudah dilakukan. Pada ruas ini telah dilakukan konsultasi publik bersamaan dengan ruas lain seperti Klaten Purwomartani dan Trihanggo-Junction Sleman.

"Iya [sudah dipatok], untuk konsultasi publik kan sudah dilakukan sejak 2019 bersamaan dengan ruas lain sebelum terbit penlok [IPL oleh Gubernur DIY]. Sosialisasi setelah terbit penlok juga sudah kami lakukan dan tuntas sebelum lebaran kemarin [2024]," katanya kepada Harianjogja.com, Minggu (26/5/2024).

Setelah pematokan tahapan selanjutnya pengukuran lahan terdampak di sepanjang ringroad. Ia berharap pada akhir 2024 ini sudah dapat diajukan pembayaran untuk uang ganti rugi (UGR) terdampak tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo.

BACA JUGA : Tol Jogja Solo di Atas Ring Road Dibangun Mulai Juni, Kendaraan Tetap Bisa Lewat

"Saat ini sedang tahap pengukuran bidang. Kami berharap akhir tahun ini bisa mulai pengajuan pembayaran [uang ganti rugi]," ujarnya.

Pusat Bisnis dan Pendidikan

Ruas tol Maguwoharjo-Trihanggo akan dibangun elevated atau melayang. Pelaksana proyek telah melakukan penyelidikan tanah dengan melakukan pengeboran bagian tengah Ringroad Utara pada Maret 2023 silam. Penyelidikan tanah dilakukan untuk mengetahui daya dukung dan karateristik tanah, khususnya kondisi susunan tanah dan kekuatan lapisan tanah untuk keperluan pondasi jalan tol.

Salah satu kalurahan terdampak yaitu Maguwoharjo, dari data awal ada 245 bidang dengan luas 93.521 meter persegi lahan terdampak tol Jogja-Solo. Selanjutnya Kelurahan Condongcatur yang merupakan wilayah terdampak cukup banyak. Mulai dari Markas Polda DIY, Kampus UPN Jogja, Kampus Amikom, Stikes Guna Bangsa hingga akses masuk ke kampus Universitas Mercu Buana. Sejumlah titik pusat bisnis dan pusat perbelanjaan pun terkena dampaknya. Data awal ada sebanyak 214 bidang dengan luas sekitar 119.324 meter persegi di Condongcatur terdampak proyek jalan tol Jogja-Solo.

BACA JUGA : JMJ Pastikan Tol Jogja-Solo Seksi 1 Selesai Akhir 2024

Jalan Tol Jogja-Solo untuk ruas Maguwoharjo-Trihanggo ini memiliki banyak akses keluar masuk yang dikenal dengan on ramp dan off ramp. Sekadar untuk diketahui On Ramp merupakan akses untuk masuk ke jalan tol (baik ada gerbang  tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut). Sedangkan off ramp adalah akses untuk keluar jalan tol (bisa ada gerbang tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut. Baik menggunakan sistem terbuka maupun sistem tertutup.

Exit Toll

Setidaknya ada empat akses keluar masuk jalan tol yang berada di sepanjang ringroad utara, Depok, Sleman. Terdiri atas, pertama on/off ramp di kawasan Maguwoharjo yang berdasarkan peta tampak titiknya berada di sebelah utara ringroad tepatnya di Kawasan Sanggrahan sebelah barat SMK 1 N Depok.

BACA JUGA : Ruas Maguwo-Trihanggo Tol Jogja Solo Dibangun Paling Akhir

Kedua, on/off ramp UPN, berdasarkan titik petanya berada di sebelah utara ringroad atau sebelah barat Jalan Nusa Indah. Ketiga on/off ramp Monjali yang berada di sebelah utara ringroad. Adapun titiknya kemungkinan berada di tengah-tengah antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang. Keempat on/off ramp Trihanggo yang berada di simpang empat Trihanggo. Titiknya berada di sebelah utara rongroad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Cek Jadwal Layanan SIM di Kota Jogja

Cek Jadwal Layanan SIM di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Klaim Kasus Kesehatan saat Puncak Haji 2024 di Arafah Terkendali

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement