Advertisement

Belum Ada Koalisi Partai yang Terbentuk di Bantul

Jumali
Senin, 03 Juni 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Belum Ada Koalisi Partai yang Terbentuk di Bantul Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah partai politik (parpol) di Bantul mengaku masih terus melakukan komunikasi politik jelang Pilkada 2024. Hanya, sampai saat ini, belum ada koalisi yang terbentuk.

"Sampai saat ini belum ada koalisi dengan partai lain. Kami masih lakukan lobi-lobi, jadi masih sangat cair," kata Ketua DPD II Golkar Bantul Paidi, Senin (3/5/2024).

Advertisement

Terkait dengan partai mana saja yang sedang dilobi, Paidi mengaku semua partai politik di Bantul masih terus dilobi. Sebab, disadari, Golkar, tidak mungkin bisa mengusung calon sendiri. Hal ini dikarenakan pada Pemilu 2024, Golkar Bantul hanya meraih 6 kursi. "Untuk itu lobi-lobi masih terus berjalan," katanya.

Untuk hasil survei elektabilitas dari 8 kandidat balon bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar di partai berlogo pohon beringin itu, Paidi menyatakan sampai saat ini masih menunggu hasil dari DPP. Adapun delapan kandidat balon yang tengah disurvei tersebut adalah untuk posisi bupati ada Untoro Hariadi (Dosen Universitas Janabadra), Abdul Halim Muslih (Bupati Bantul), dan Agus Santoso (pengusaha). Sedangkan lima balon yang mendaftar untuk wakil bupati yakni Amin Purnama (advokat), Bejo WTP (Lurah Canden, Jetis), Ali Rasyid (pengusaha) Mujiyat (Pj Bupati di Kalimantan Selatan) dan Ahmad Badawi (tokoh masyarakat).

"Jadi soal itu [hasil survei], kami masih nunggu dari DPP. Kemarin survei tahap pertama sudah, nanti dilanjut tahap kedua dan ketiga," ucap Paidi.

Baca Juga

Pilkada Bantul, Ini Pesan Wabup Joko kepada Bupati Halim

Lima Parpol Sepakat Bentuk Koalisi Sleman Bersatu

Pilkada Bantul, Agus Moncer, Untoro Hariadi dan Amin Purnama Daftar Jadi Balon Bupati-Wakil Bupati Lewat Demokrat

Hal sama juga diungkapkan oleh Ketua DPC Gerindra Bantul Datin Wisnu Pranyoto. Meski telah intens melakukan komunikasi politik dengan PKB, Golkar, Demokrat, PAN dan PKS, namun sampai saat ini belum ada kesepakatan koalisi yang terbentuk.

"Belum ada pengerucutan koalisi. Kita lihat saja nanti perkembangannya. Memang saat ini semua masih cair," terang Datin.

Mengenai bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang akan diusung oleh Partai Gerindra, Datin menyebut belum ada perkembangan signifikan. Sejauh ini ada Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul, Aris Suharyanta dan tokoh masyarakat asal Sedayu yang juga kerabat dari mantan Presiden RI, Soeharto, Aryo Winoto. Disamping itu ada di internal Partai Gerindra ada Danang Wahyu Broto [Ketua Komisi B DPRD DIY] dan Datin Wisnu Pranyoto [Ketua DPC Gerindra Bantul] dan Nur Subiyantoro [Sekretaris DPD Partai Gerindra DIY].

"Jadi belum ada tambahan lagi. Kita lihat saja nanti perkembangan yang ada," ucap Datin.

Sekretaris DPC PKB Bantul Subhan Nawawi mengungkapkan sampai saat ini partainya belum berkoalisi dengan sejumlah partai lainnya di Bantul. Meski demikian, PKB masih terus melakukan komunikasi dengan sejumlah partai.

"Dan, semua masih cair," terangnya.

Ketua DPD PKS Bantul Agung Laksmono mengaku sampai saat ini belum ada keputusan untuk berkoalisi dengan partai lainnya. Meskipun, saat ini, PKS masih terus berkomunikasi dengan sejumlah partai politik di Bantul. "Jadi memang masih berpeluang semua. Semua masih cair juga," ucap Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement