Advertisement

Lima Parpol Sepakat Bentuk Koalisi Sleman Bersatu

David Kurniawan
Senin, 03 Juni 2024 - 15:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Lima Parpol Sepakat Bentuk Koalisi Sleman Bersatu (dari kiri ke kanan) Anggota Koalisi Sleman Bersatu yang terdiri dari Ketua DPD PKS Sleman Indra Gumilar; Ketua DPC PPP Sleman Untung Basuki Rahmat; Ketua DPD NasDem Sleman, Surana; Ketua DPC Gerindra Sukaptana dan Ketua DPD Golkar Sleman, Janu Ismadi. Senin (3/6/2024). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Konstelasi Pilkada 2024 di Sleman bakal lebih meriah. Hal ini tak lepas adanya kesepakatan lima partai politik untuk membentuk Koalisi Sleman Bersatu.

Lima parpol ini meliputi Gerindra, Golkar, PKS, PPP dan NasDem. Meski demikian, koalisi belum menentukan siapa pasangan calon yang akan diusung di pilkada.

Advertisement

Ketua Koalisi Sleman Bersatu, Sukaptana mengatakan kesepakatan untuk maju bersama di Pilkada Sleman tak lepas adanya kesamaan antar anggota di Koalisi Sleman Bersatu. Pasalnya, lima partai politik ini dipastikan tidak mengusung calon sendiri sehingga harus berkoalisi untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan KPU.

“Gerindra dengan enam kursi tidak bisa mengusung calon sendiri. Begitu pula dengan PKS, Golkar, NasDem dan PPP, makanya bersepakat membentuk koalisi bersama,” kata Sukaptana kepada wartawan, Senin (3/6/2024).

Menurut dia, dengan koalisi ini maka total terkumpul 24 perwakilan kursi di DPRD Sleman. Hal itu berarti syarat minimal untuk dapat mengusung, yakni 10 kursi sudah jauh terlampaui.

“Jadi untuk syarat mengusung pasangan calon tidak ada masalah karena dengan adanya Koalisi Sleman Bersatu sudah dari cukup untuk maju,” ungkapnya.

Baca Juga

Muncul Empat Nama di Bursa Calon Bupati Sleman, Ini Daftarnya

Pilkada Sleman, Anggota DPR RI Sukamto Ikut Berebut Rekomendasi di PDI Perjuangan

Pilkada Sleman: Kustini, Danang dan Harda Berebut Tiket dari PDIP

Meski demikian, Sukaptana mengakui hingga sekarang belum dipilih siapa pasangan calon yang akan diusung. Ia tidak menampik anggota parpol di Koalisi Sleman Bersatu melakukan proses seleksi dan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati.

Rencananya ada pembahasan secara bersama-sama berkaitan dengan calon yang diusung. “Tidak ada masalah dan kami yakin tetap solid. Apalagi yang mendaftar tidak jauh-jauh dari nama-nama yang beredar di Masyarakat,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua DPD NasDem Sleman, Surana. Menurut dia, kesepakatan untuk berkoalisi sudah ditandatangani bersama pada Sabtu (1/6/2024).

“Tandatangan tidak hanya oleh ketua partai, tapi juga oleh sekretarisnya,” katanya.

Dia menegaskan dengan kesepakatan ini, maka anggota parpol sudah sepakat untuk berkoalisi sehingga tidak lagi jalan sendirian. “Semua akan dibahas di internal koalisi dan saya yakin ada komitmen bersama termasuk nantinya berkaitan dengan calon yang akan diusung,” katanya.

Masih Terbuka

Kesepakatan lima partai untuk membentuk Koalisi Sleman Bersatu tetap membuka peluang partai lain bergabung. Sesuai dengan keputusan dari KPU Sleman, ada delapan partai yang memeroleh kursi DPRD Sleman.

Adapun PDI Perjuangan, PAN dan PKB belum menyatakan sikap. Surana mengakui, pihaknya terbuka apabila ada partai lain yang ingin ikut bergabung. “Kalau ketiga partai tersebut akan gabung, kami membuka dengan tangan terbuka,” katanya.

Meski demikian, Surana menekankan ada persyaratan yang harus disepakati terkait dengan mekanisme yang telah disusun dalam pembentukan koalisis. “Jadi ada aturannya dan itu harus dipatuhi,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Sebut Bakal Hadirkan Sosok Baru di Pilkada Jakarta

News
| Senin, 01 Juli 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement