Advertisement

Afnan dan Heroe Unggul dalam Survei Bacalon Pilkada Jogja, Golkar: Tunggu Hasil Koalisi

Lugas Subarkah
Selasa, 11 Juni 2024 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Afnan dan Heroe Unggul dalam Survei Bacalon Pilkada Jogja, Golkar: Tunggu Hasil Koalisi Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPD Partai Golkar Kota Jogja telah mendapatkan hasil survei terhadap beberapa bakal calon pendaftar Pilkada 2024. Meski demikian, Partai Pohon Beringin belum menentukan siapa yang akan diusung, menunggu hasil koalisi.

Dalam survei tersebut, Afnan Hadikusumo dan Heroe Poerwadi diunggulkan dengan Afnan Hadikusumo 27,1% dan Heroe Poerwadi 20,6%. Sedangkan dari hasil survei elektabilitas tertutup hasilnya Heroe Perwadi unggul di angka 16,4% dan Afnan Hadikusumo 15,9%.

Advertisement

Ketua DPD Golkar Kota Jogja, Agus Mulyono menjelaskan walau sudah diketahui bakal calon yang unggul, tetapi sampai saat ini Golkar belum menentukan siapa yang akan diusung. “Belum, karena niatan kami itu harus AB1 [walikota], ini masih berproses,” katanya, Selasa (11/6/2024).

Golkar Kota Jogja saat ini masih berproses mencari partai koalisi, karena di pileg lalu hanya mendapat lima kursi, sehingga tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri. “Ini masih nego-nego, bisa apa enggak, karena bisa rebutan AB1 semua,” ungkapnya.

Terkait dengan koalisi, dia mengungkapkan sejauh ini belum ada kesepakatan antara Golkar dengan partai-partai lainnya. “Sekarang masih komunikasi politik dengan beberapa partai politik. Nanti kalau sudah ada koalisi dilanjutkan survey kedua,” kata dia.

BACA JUGA: Pilkada Gunungkidul, DPC PKB Gunungkidul Berencana Usung Sunaryanta

Belum adanya koalisi ini juga diamini partai-partai lainnya. Ketua DPC PKB Kota Jogja, Solehul Hadi, menuturkan hingga saat ini masih landai. “Belum ada, masih landai orang-orang [bakal calon] saat ini. Mungkin belum dapat rekomendasi,” katanya.

Dia melihat saat ini para pendaftar bakal calon belum terlihat mengambil langkah signifikan untuk maju pilkada. “Belum memperliihatkan kekuatannya untuk mengamankan kursi. Tiketnya kan delapan kursi. Mau maju, kalau fight ya mengamankan kursi,” paparnya.

Adapun terkait para pendaftar di PKB, sudah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan dan hasilnya mengerucut pada satu nama, meski belum final. “Karena segala sesuatu masih ada hal-hal yang perlu dirembug. Sementara di kami Heroe Poerwadi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pakar Hukum Pidana Sebut SYL Bisa Dipidana Penjara hingga 20 Tahun

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement