Advertisement

Jelang Kurban, Presiden Jokowi Beli Sapi Milik Warga Kalasan Sleman

David Kurniawan
Rabu, 12 Juni 2024 - 11:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jelang Kurban, Presiden Jokowi Beli Sapi Milik Warga Kalasan Sleman Mbah Tukiyar, warga Selomartani, Kapanewon Kalasan memperlihatkan sapinya yang dibeli oleh Presiden Jokowi. Rabu (12/6 - 2024). Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman mencatat ada seekor sapi asal Kabupaten Sleman yang dibeli Presiden Jokowi untuk Berkurban di tahun ini. Diketahui sapi tersebut milik Tukiyar, warga Kalurahan Selomartani, Kalasan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono mengatakan, aktivitas pembelian sapi oleh Presiden Jokowi jelang Iduladha merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. Menurut dia, untuk 2024, ada seekor sapi milik warga Sleman yang dibeli orang nomor satu di Indonesia ini.

Advertisement

“Pemiliknya Mbah Tukiyar asal Selomartani, Kapanewon Kalasan,” kata Pram, sapaan akrabnya, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: Perkenalkan Satrio Bimo, Sapi Kurban Jokowi di Jogja Ternyata Milik Anggota Polsek Sewon Bantul

Dia menjelaskan sapi peranakan simmetal Jantan ini memiliki bobot 828 kilogram. Hewan berusia empat tahun ini dibeli dengan harga Rp66 juta.

“Kemarin [Selasa 11/6/2024] Mbah Tukiyar diminta mengumpulkan berkas terdiri dari KTP, NPWP dan nomor rekening untuk pembayaran,” ungkapnya.

Pram menambahkan proses identifikasi terhadap hewan kurban yang akan dibeli Presiden sudah berlangsung sejak April lalu. Saat itu, sambung dia, mengusulkan empat sapi miliki petani dengan kriteria bobot di atas 800 kilogram.

Baca Juga: Sapi Milik Peternak Bantul Dibeli Presiden Jokowi untuk Iduladha

Selain milik Mbah Tukiyar, empat sapi yang diusulkan merupakan milik Anto dan Damar yang merupakan warga Kalurahan Harjobinangun, Pakem. Sedangkan seekor lagi merupakan milik Harto warga Pakembinangun, Pakem.

Sebelum pembelian dilakukan, dilakukan pengamatan ke Lokasi milik warga. Selanjutnya ada pengecekan Kesehatan dan lainnya hingga diputuskan sapi milik Mbah Tukiyar yang akan dibeli Presiden.

“Awalnya pemilik mematok harga Rp80 juta, tapi akhirnya disepakati harga sapi tersebut dilepas pada harga Rp66 juta,” katanya.

Baca Juga: DKPP Bantul Seleksi 5 Sapi untuk Hewan Kurban Gubernur dan Presiden

Terpisah, Mbah Tukiyar mengaku senang dan tidak menyangka sapi yang dipelihara sejak dua tahun lalu akhirnya dibeli Presiden Jokowi. Menurut dia, untuk saat ini sapi masih di rumahnya karena menunggu instruksi guna proses pengantaran.

Selain itu, Tukiyar juga mengakui proses pembelian belum selesai. Pasalnya, baru sebatas melengkapi berkas untuk pembelian sapi kurban tersebut.

“Masih menunggu karena dalam proses,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement