Advertisement

Optimalkan Perekaman E-KTP Pemilih Pemula, Disdukcapil Jogja Jemput Bola ke Kemantren

Lugas Subarkah
Jum'at, 14 Juni 2024 - 17:27 WIB
Ujang Hasanudin
Optimalkan Perekaman E-KTP Pemilih Pemula, Disdukcapil Jogja Jemput Bola ke Kemantren Ilustrasi perekaman e-KTP - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja melaksanakan layanan jemput bola rekam data E-KTP di kemantren. Hal ini terutama untuk melayani pemilih pemula dan masyarakat yang belum melakukan perekaman.

Dalam layanan ini, pemilih pemula di wilayah pelaksanaan yang belum rekam E-KTP diundang untuk hadir. Selain merekam data, dalam kegiatan ini Disdukcapil Kota Jogja juga melayani aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Advertisement

Kepala Disdukcapil Kota Jogja, Septi Sri Rejeki, mengatakan pihaknya sudah membuat jadwal untuk melakukan perekaman E-KTP di wilayah yang tersebar di 14 kemantren di Kota Jogja dari Juni sampai Agustus 2024. Kantor kemantren menjadi tempat layanan jemput bola rekam E-KTP dan aktivasi IKD.

Pelayanan  tidak terbatas bagi masyarakat di wilayah kemantren sesuai jadwal, tapi jika ada warga beda kemantren yang datang tetap dilayani. “Dalam rangka menghadapi Pilkada tanggal 27 November 2024, kita semakin meningkatkan untuk jemput bola rekam KTP-el. Ini lebih diintensifkan khususnya bagi pemilih pemula,” ujarnya, Jumat (14/6/2024).

BACA JUGA: Disdukcapil Jogja Dorong Pelajar dan Warga Usia 16 Tahun Lakukan Perekaman KTP-El

Ia menjelaskan salah satu syarat dalam menggunakan hak pilih dalam Pilkada adalah memiliki E-KTP. Oleh sebab itu, pemilih pemula yang berusia 17 tahun saat hari-H Pilkada harus dipastikan mempunyai E-KTP sehingga pilkada bisa berjalan lancar dan sukses.

“Warga yang sekarang ini usianya 16 tahun dan nantinya pada saat hari-H Pilkada sudah 17 tahun kita lakukan perekaman. Jadi saat ini kita melakukan perekaman nantinya pencetakannya saat usia 17 tahun,” terangnya. 

Setelah perekaman data, E-KTP bisa diambil di Kantor Dindukcapil Kota Jogja dan Mal Pelayanan Publik di kompleks Balai Kota Jogja. Pengambilan bisa dilakukan saat pemilih pemula berusia 17 tahun. Maka untuk mengantisipasi pemilih pemula yang baru berusia 17 pada saat pelaksanaan pilkada, Disdukcapil pun akan membuka layanan pada pelaksanaan pilkada.

Dari data terakhir, jumlah pemilih pemula yang sudah merekam E-KTP sekitar 96%. Disdukcapil Kota Jogja selama ini sudah berupaya melakukan rekam E-KTP di sekolah-sekolah, SMA/SMK. Tapi terkadang masih ada pemilih pemula yang tidak masuk sekolah.  "Semoga Agustus sudah selesai [perekaman data],” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Disarankan Melibatkan UMKM

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement