Advertisement

Ribuan Jemaah Salat Iduladha di Masjid Gedhe Kauman

Alfi Annisa Karin
Senin, 17 Juni 2024 - 17:07 WIB
Maya Herawati
Ribuan Jemaah Salat Iduladha di Masjid Gedhe Kauman Pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Gedhe Kauman, Senin (17/5) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN–Masjid Gedhe Kauman menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Salat Iduladha. Sejak pagi, masyarakat mulai berbondong-bondong mencari saf untuk salat. Salat tepat dimulai pada pukul 07.00 WIB. Imam Masjid Gedhe Kauman Budi Setiawan menuturkan setidaknya ada 3.000 jemaah yang hari ini melaksanaan salat Iduladha di Masjid Gedhe Kauman.

“Kira-kira ada 3.000 jemaah. Karena punya daya Tarik tersendiri bagi warga luar Kota Jogja. Biasanya yang dituju adalah alun-alun atau Masjid Gedhe Kauman,” ujar Budi saat ditemui, Senin (17/5/2024).

Advertisement

Budi menambahkan, ramainya warga yang melaksanaan salat Iduladha di Masjid Gedhe Kauman ini juga tak lepas dari lokasi Alun-Alun Utara yang tak lagi diperbolehkan sebagai tempat salat ied. Kondisi ini terjadi sejak pasca pandemic Covid-19. Dia mengatakan, salat Iduladha kali ini mengundang salah satu dosen UII Muhammad Husnaini sebagai imam dan khatib. Sementara, isi tausiyah berkaitan dengan keteladanan Nabi Ibrahim AS.

BACA JUGA: Ini Cara Mengunci Chat di WhatApp Menggunakan PIN atau Sidik Jari

“Keteladanan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya yang merelakan anaknya, Nabi Ismail AS untuk dikurbankan. Maka, tadi bisa kita lihat bagaimana mengejawantahkan kalau dulu Nabi Ibrahim menyembelih Ismail, berarti kita bisa menyembelih ego kita,” ungkapnya.

Budi mengatakan turut akan melakukan penyembelihan hewan kurban. Total, ada 20 sapi dan 20 kambing yang disembelih. Penyembelihan dibagi menjadi tiga titik di sekitar Masjid Gedhe Kauman.

“Dilakukan oleh takmir yang sudah dilatih. Tapi pendistribusiannya juga turut ke luar daerah karena di Kauman sudah banyak yang berkurban,” katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement